Daerah

Wisata Situ Cigayonggong Belum Optimal Dimanfaatkan

Situ Cigayonggong
Potensi Situ Cigayonggong di Desa Kasomalang Wetan Kecamatan Kasomalang yang belum dioptimalkan.(Hadi Martadinata/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Desa Kasomalang Wetan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, memiliki potensi wisata yang belum optimal dimanfaatkan, yaitu Situ Cigayonggong. Kepala Desa Kasomalang Wetan, Rohidin mengatakan situ ini memiliki banyak potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata. "Situ Cigayonggong ini memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata. Ada beberapa hal yang bisa dikembangkan di sini," ujar Rohidin saat ditemui Pasundan Ekspres di kantor Desa Kasomalang Wetan, kemarin.

Salah satu potensi yang dapat dikembangkan adalah wisata air berupa sepeda air bebek. Selain itu, Rohidin juga menyebut bahwa situ ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata malam hari. "Untuk wisata air, kita bisa menyediakan sepeda air bebek. Lalu untuk malam hari, situ ini juga bisa dijadikan tempat wisata malam dengan pemandangan yang indah," jelasnya.

Selain itu, Rohidin juga mengatakan bahwa pihaknya telah membangun jogging track di sekitar Situ Cigayonggong. Namun, pembangunan jogging track tersebut belum selesai sepenuhnya. "Sebenarnya sudah ada jogging track yang dibangun di sini, tapi masih belum rampung sepenuhnya. Dulu pembangunannya dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)," ujarnya.

Dengan adanya jogging track ini, lanjut Rohidin, akan semakin menambah daya tarik Situ Cigayonggong sebagai destinasi wisata. Warga sekitar pun dapat memanfaatkan jogging track tersebut untuk berolahraga. "Kalau jogging track ini sudah selesai, tentu akan semakin menambah daya tarik Situ Cigayonggong. Warga juga bisa memanfaatkannya untuk berolahraga," ucapnya.

Saat ini, Pemerintah Desa Kasomalang Wetan sedang mengupayakan untuk menyelesaikan pembangunan jogging track tersebut. Pihaknya berharap, dengan selesainya pembangunan jogging track, Situ Cigayonggong dapat segera dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik. "Kami sedang berupaya untuk menyelesaikan pembangunan jogging track ini. Mudah-mudahan segera rampung, sehingga Situ Cigayonggong bisa segera dikembangkan sebagai tempat wisata yang menarik," harapnya.

Selain potensi wisata, Situ Cigayonggong juga memiliki fungsi lain bagi warga sekitar. Situ ini dimanfaatkan oleh warga untuk kegiatan perikanan, seperti budidaya ikan dan penangkapan ikan. "Selain untuk wisata, Situ Cigayonggong juga dimanfaatkan warga untuk kegiatan perikanan, seperti budidaya ikan dan penangkapan ikan. Ini juga menjadi salah satu sumber penghasilan bagi warga di sini," ungkapnya.

Rohidin berharap, berbagai potensi yang dimiliki, Pemerintah Desa Kasomalang Wetan Situ Cigayonggong dapat segera dikembangkan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian warga sekitar. "Kami berharap Situ Cigayonggong ini bisa segera dikembangkan menjadi destinasi wisata yang menarik. Ini akan memberikan manfaat bagi warga, baik dari segi ekonomi maupun sosial budaya," pungkasnya.(hdi/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua