Daerah

Pentas PAI Kabupaten Subang: Membangun Generasi Tampil, Cerdas, dan Religius

SMPN 6 Subang
Pentas PAI yang di selenggarakan di SMPN 6 SUbang

SUBANG – Dalam upaya membangun generasi muda yang tampil, cerdas, dan religius, Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Kabupaten Subang digelar di SMPN 6 Subang pada Sabtu, 3 Agustus 2024. Acara ini diikuti oleh 138 peserta putra dan putri dari SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Subang.

Pentas PAI ini menampilkan enam mata lomba yang beragam, yakni lomba pidato, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), kaligrafi, Olimpiade PAI, dan lomba Cerdas Cermat. Para peserta berlomba menunjukkan keterampilan dan bakat mereka dalam bidang agama, seni, dan akademik.

Kabid Pembinaan SMP, Leni Lesnawati, M.Pd, menyampaikan, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara bidang pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Kementerian Agama (Kemenag), dan MGP PAI se-Kabupaten Subang. Tema yang diusung, "Membangun Generasi yang Tampil, Cerdas, dan Religius," mencerminkan tujuan acara ini untuk membentuk generasi muda yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki karakter religius dan moral yang kuat.

Leni Lesnawati menjelaskan untuk lomba yang diadakan kali ini telah sesuai dengan petunjuk teknis dari Provinsi Jawa Barat. "Untuk tingkat kabupaten ini merupakan hasil dari masing-masing komisariat yang terdiri dari juara 1 dan juara 2. Nanti untuk juara 1 akan diikutsertakan ke tingkat Pentas PAI Provinsi Jawa Barat yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan September di Tasikmalaya," ujarnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Anno Suyatno, menambahkan bahwa secara teknis, kegiatan ini menjadi program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Subang melalui pembinaan bidang SMP dan bidang SD. "Kami berharap mata lomba yang diadakan sesuai dengan harapan kita bersama sehingga ada yang bisa mewakili ke tingkat provinsi dengan baik," katanya.

Anno juga menyatakan, setelah lomba hari ini, akan ada penguatan tambahan bagi para peserta yang akan dikirim ke tingkat provinsi. "Intinya, peserta didik kita harus menjadi yang mempunyai keterampilan, kecerdasan, dan religius, terutama dalam menghadapi tantangan era modernisasi dan teknologi informasi," tambahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Subang, H. Badruzaman, S.Ag., M.Pd, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap pelaksanaan Pentas PAI ini. "Kegiatan ini sangat positif dan penting dalam membentuk karakter generasi muda yang berakhlak mulia dan memiliki kecerdasan spiritual," ungkapnya.

Badruzaman juga menekankan pentingnya sinergi antara Dinas Pendidikan, Kemenag, dan yang liannya, dalam mendukung dan mengembangkan bakat serta potensi peserta didik di bidang agama dan seni. "Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan kualitasnya agar menghasilkan generasi muda yang unggul dan religius," tambahnya.

Suasana di SMPN 6 Subang selama pelaksanaan Pentas PAI penuh dengan semangat dan antusiasme. Para peserta terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti setiap lomba. Dukungan dari orang tua dan guru juga sangat terasa, memberikan semangat tambahan bagi para peserta.

Anno Suyatno juga menambahkan dukungan dari semua pihak, termasuk orang tua dan masyarakat, sangat penting dalam keberhasilan acara ini. "Kami berterima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak. Semoga kegiatan ini dapat terus berjalan dengan baik dan menghasilkan generasi muda yang unggul dan religius," ujarnya.(hdi)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua