Daerah

Bripka Erik Iskandar: Tugas Tak Menjadi Beban

Bripka Erik Iskandar
DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES BERTUGAS: Sejumlah anggota polisi yang bertugas di Pospam Simpang Panorama Pamanukan saat megatur arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 H tahun 2024 ini, Selasa (16/4).

SUBANG-Bripka Erik Iskandar, salah satu anggota Polsek Binong mengaku senang bisa mengamankan lalu lintas selama arus mudik lebaran 2024. Dia ditugaskan di Pospam Simpang Panorama Pamanukan Subang.

"Iya saya dapat sprint tugas BKO di Pospam Simpang Panorama Pamanukan ini, bersama rekan anggota Polsek Pamanukan," kata Erik kepada Pasundan Ekspres, Selasa (16/4).

Ada banyak kesan selama bertugas ikut mengatur dan mengamankan arus mudik dan balik tahun ini.  Bripka Erik Iskandar menuturkan, selama bertugas sejak tanggal 4 hingga 16 April, dia mengaku 

nyaman dalam mengatur dan mengamankan arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1445 H ini.

Menurutnya, tahun ini tidak begitu banyak hambatan dalam bertugas selama dari tanggal 4 April sampai dengan 16 April hingga pukul 00.00 WIB tengah  malam nanti, sesuai sprintnya.

"Siang ini, kalau untuk di pantura hari ini landai lancar. Dan puncak arus balik, terjadi saat Minggu siang hingga malam Senin kemarin, yang didominasi oleh roda 2, sebagian roda 4," tutur Erik.

Dia mengatakan, setiap bertugas dipimpin oleh Perwira Pengendali serta Kapospam. Bertugas satu regu 17 orang personel, bergantian setiap regu pagi dan berganti selama 12 jam sekali. Saat malam hari jam 20.00, dan jam 08.00 pagi hari berganti lagi oleh regu lain.

Saat malam hari, kerap merasakan lelah dan ngantuk. Rasa lelah dan ngantuk itu disiasati dengan bergilir untuk istirahat sejenak secara bergantian.

Dia mengatakan, meski ada rasa lelah dan kantuk, tetapi tetap ada yang  berjaga dan terjaga dari tidur, karena takut ada yang kecelakaan. Saat bertugas polisi juga dibantu oleh tenaga kesehatan dan anggota Pramuka. 

"Alhamdulillah, selama bertugas,  sangat luar biasa,  tidak ada macet dan bisa dikatakan tahun ini lancar. Kita juga merasa bahagia karena kelancaran arus mudik dan balik cukup lancar

dan kita saat bertugas tidak merasa menjadi beban, tetapi ikhlas penuh rasa tanggungjawab.

Untuk kesehatan rutin dicek tiap hari oleh petugas Dokes Polres Subang, untuk mengecek kesehatan agar tetap fit dalam bertugas," tuturnya.

Sementara itu, dari pihak keluarga tidak mempermasalahkan. Sebagai Ibu Bhayangkata sangat mendukung  tugas  sebagai polisi, baik saat malam hari hingga pagi hari, atau tugas dari pagi hari hingga malam hari, begitu terus selama bertugas, sesuai jadwal yang telah diatur oleh pimpinan atau komandan.

"Intinya saya merasa bangga sebagai abdi bhayangkara, ikut bertugas mengatur, mengamankan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 H tahun ini, ada pengalaman berharga, bertemu banyak orang, melayani, mengayomi, membantu kelancaran arus lalu lintas," tukasnya.(dan/ysp)

 

Berita Terkait