Daerah

NasDem dan PKB Resmi Koalisi di Pilkada Subang, Sudah Memenuhi Syarat Usung Pasangan Bupati dan Wabup

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Subang secara resmi mendeklarasikan kerjasama politik untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Rabu (5/6).
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Subang secara resmi mendeklarasikan kerjasama politik untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Rabu (5/6).

SUBANG-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Subang secara resmi mendeklarasikan kerjasama politik untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Rabu (5/6).

Deklarasi ini menjadi langkah awal bagi kedua partai dalam merapatkan barisan demi memenangkan calon kepala daerah yang akan mereka usung bersama.

Ketua DPC NasDem, Eep Hidayat menyatakan, koalisi ini merupakan bentuk kemantapan kedua partai dalam memperkuat posisi politik mereka menjelang Pilkada. 

"Alhamdulillah, kita baru saja mendeklarasikan koalisi sekaligus kerjasama politik. Kerjasama antara NasDem dan PKB ini tidak lain adalah bentuk persiapan untuk Pilkada," ungkapnya.

Eep juga menekankan bahwa kerjasama ini mencatatkan sejarah baru bagi kedua partai, karena sebelumnya mereka belum pernah berkoalisi dalam Pilkada di Kabupaten Subang. 

"Kita sudah sama-sama sepakat untuk menjalin kerjasama. Terkait calon yang akan diusung, masih dalam tahap diskusi masing-masing. NasDem membawa beberapa nama usulan, begitu juga dengan PKB," terangnya.

Di sisi lain, Ketua DPC PKB Subang, Zainal Mutaqin menegaskan bahwa kerjasama politik ini adalah bentuk keseriusan kedua partai untuk berkolaborasi dalam mengusung calon kepala daerah terbaik. 

"Kerjasama ini terjalin karena niatan bersama, adanya kecocokan, dan kebersamaan. Kita bertemu langsung, dan kita memiliki kesamaan pandangan. Untuk itu, tidak ada yang lebih duluan atau yang belakangan," jelasnya.

Zainal menyatakan, PKB melihat adanya persamaan persepsi dan tujuan yang sama dalam menjalin kerjasama politik dengan NasDem. 

"Harapan kami nantinya, kerjasama ini bukan hanya untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Subang, tetapi juga seluruh komponen yang ada," tuturnya.

Berdasarkan perolehan kursi dalam Pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten Subang, NasDem dan PKB masing-masing memiliki 7 dan 6 kursi di DPRD. Jika ditotalkan, ada 13 kursi. Sehingga memenuhi syarat untuk mengusung Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang. 

Dengan koalisi ini, kedua partai berharap dapat menggabungkan kekuatan dan strategi untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Subang 2024.(cdp/ysp) 

 

Tag :

Berita Terkait