Daerah

250 Atlet Ikuti Kejuaraan Muaythai di Subang, Tingkat Provinsi Jawa Barat 2024

Kejuaraan Muaythai
250 atlet Muaythai dari kabupaten/kota Jawa Barat mengikuti Kejuaraan Provinsi yang bertempat GOR Gorongroyong di Subang.(Cindy Desita Putri/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Sebanyak 250 atlet dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat berpartisipasi dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Muaythai Indonesia Jawa Barat. Acara yang digelar di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang, ini berlangsung selama empat hari, mulai Rabu hingga Sabtu, 3-6 Juli 2024. 

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Muaythai Indonesia Jawa Barat, Rahyang Mandalajati Evi Silviadi, mengungkapkan bahwa kejuaraan ini merupakan bagian dari persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Jawa Barat tahun 2025. "Kejuaraan ini adalah kalender pertama menuju Porprov, dengan dua tahapan. Tahap pertama bulan ini dan tahap kedua pada bulan Desember," ujarnya.

Di berharap, kejuaraan ini mendapatkan regenerasi atlet sehingga mampu mempertahankan muaythai Jawa Barat sebagai cabang olahraga andalan.

Berbagai kelas dipertandingkan dalam kejuaraan ini, antara lain kelas seni, kelas tarung, kelas muayboran, aerobic, dan kelas lighcroe. Terdapat tiga kelas untuk putra dan putri, serta kategori pemula, cadet, dan senior.

Saat ini, kata Evi, atlet Muaythai Jawa Barat tengah fokus berlatih di Thailand sebagai persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON). "Dengan intensitas latihan yang lebih tinggi, diharapkan kita bisa mempertahankan prestasi Jawa Barat yang telah meraih 6 medali emas, 7 perak, dan 3 perunggu," terangnya.

Dia menyebut, sebagian besar atlet Muaythai berasal dari Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Tasikmalaya. 

Ketua Umum KONI Subang, Asep Rochman Dimyat menyatakan, rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Subang sebagai tuan rumah kejuaraan olahraga tingkat provinsi maupun nasional. "Kepercayaan ini tidak boleh kita sia-siakan. Penyelenggaraan yang baik akan membuat yakin kabupaten lain di Jawa Barat," ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Asep berharap dapat memotivasi atlet Kabupaten Subang dan mendongkrak ekonomi masyarakat setempat. "Setidaknya, kehadiran 250 atlet beserta ofisial dan keluarga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, mulai dari sektor perhotelan, kuliner, dan lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Subang, Tatang Supriatna, mengapresiasi penyelenggaraan Kejurprov Muaythai Indonesia Jawa Barat. "Terima kasih kepada semua pihak yang telah menginisiasi, mendukung, dan menjadi sponsor kejuaraan ini. Kejuaraan ini menjadi ajang silaturahmi, konsolidasi, dan adu bakat atlet Muaythai," ujarnya.

Menurutnya, dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, Kejurprov Muaythai Indonesia Jawa Barat 2024 diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet berbakat yang akan mengharumkan nama Jawa Barat di kancah nasional dan internasional.(cdp/sep)

Berita Terkait