Daerah

SPS Apresiasi Media, Korporasi, Institusi dan Pemda Atas Sumbangsih Majukan Industri Pers

Serikat Perusahaan Pers (SPS) sukses menggelar malam penghargaan HUT 78 SPS yang berlangsung di Hotel Savoy Homann, Bandung, Jumat sore (20/9).
Serikat Perusahaan Pers (SPS) sukses menggelar malam penghargaan HUT 78 SPS yang berlangsung di Hotel Savoy Homann, Bandung, Jumat sore (20/9).

BANDUNG-Sebagai puncak rangkaian peringatan ulang tahun ke-78, Serikat Perusahaan Pers (SPS) sukses menggelar malam penghargaan HUT 78 SPS yang berlangsung di Hotel Savoy Homann, Bandung, Jumat sore (20/9). Mengangkat tema “Mewujudkan Pers Sehat, Pers Berkualitas”, SPS berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menghadirkan sesi penobatan empat penghargaan bergengsi di bidang media.

Terentang dari Media Brand Award, Media Relations Award, serta Korporasi dan Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama. Tak lupa SPS juga akan memberikan Penghargaan Khusus, yakni Lontar & Lestari Award.

Membuka acara penghargaan HUT 78 SPS 2024, Ketua Umum SPS Januar P. Ruswita mengatakan, “Anugerah 78 Tahun SPS menjadi sangat spesial karena menjadi puncak penyelenggaraan kompetisi Media Brand Awards, Media Relations Award, Pemimpin Divisi Komunikasi, Korporasi, dan Institusi Terpopuler. Semua penghargaan tersebut diperuntukkan bagi media, korporasi, institusi, dan pemerintah daerah. Tak ketinggalan, akan ada juga penghargaan Lontar Awards dan Lestari Awards, bagi pemerintah dan pemimpin daerah atas budi jasa di bidang media dan budaya local.”

Di ulang tahun ke-78, SPS Indonesia memberikan penghargaan tertinggi Lontar Award 2023 kepada Bupati Bandung, Dadang Supriatna atas jasa sumbangsihnya dalam memajukan industri dan ekosistem media-media di daerah, khususnya di Kota Bandung. SPS juga memberikan penghargaan tertinggi Lestari Award 2023 kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena keberhasilannya dalam menjaga keberlanjutan warisan budaya setempat sebagai tiang penyangga pers lokal.

“Bandung merupakan tempat di mana jejak pers dan peta kebangkitan nasional dilahirkan. Tiga suratkabar yang lahir di Bandung, Jawa Barat, yakni Medan Prijaji, Soeloeh Indonesia, dan Fikiran Ra’jat, menjadi trisula yang menemani perjuangan Sukarno dan bangsa Indonesia dalam melawan kolonialisme dan imperialisme di berbagai belahan dunia. Dan di tahun ini, jejak pers akan kembali terukir di Bandung melalui penyelenggaraan HUT 78 SPS dan bertepatan dengan perayaan 25 tahun lahirnya UU Pers, yakni UU No 40 tahun 1999,” tutur Januar P. Ruswita yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama Pikiran Rakyat.

 

Penjurian Anugerah 78 Tahun SPS Award

Dalam menentukan pemenang Anugerah 78 Tahun SPS Award, SPS Indonesia menggandeng lima juri yang kompeten di bidangnya untuk menyeleksi ratusan entri yang masuk. "Rata-rata entri yang masuk sangat bagus. Banyak kemajuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ungkap Maria Wongsonegoro, PR Consultant, yang menjadi juri kategori Media Relation, Press Conference, dan Press Gathering.

Praktisi Kehumasan Jojo S. Nugroho, yang menjadi juri kategori Media Relation, Press Conference, dan Press Gathering turut menambahkan, "Entri yang masuk lebih banyak 50% dan lebih variatif dari tahun kemarin."

"Semua yang masuk sudah memenuhi standar press release yang baik. Catatan saya adalah bagaimana memasukkan data dalam sebuah pres release," tutur Pung Purwanto, Pemimpin Redaksi Sindonews.com. Sementara Tri Agung Kristanto, Wakil Ketua Umum Harian Kompas, mengatakan, "Materi yang masuk sangat beragam. Tim Humas korporate terlihat sudah menguasai teori bagaimana membuat siaran pers yang baik."

Asmono Wikan selaku juri kategori Media Relation, Press Conference, dan Press Gathering, Press Release menambahkan, “Ada beberapa entry yang masuk yang mencuri perhatian. Selamat kepada pemenang. Kedepannya bisa lebih baik lagi. Sukses dan semoga Media semakin berkembang.”

 

HUT 78 Serikat Perusahaan Pers Di Bandung

Penyelenggaraan puncak rangkaian HUT tahun ini menjadi sangat spesial karena bertepatan dengan perayaan 25 tahun lahirnya UU Pers, yakni UU No 40 tahun 1999 yang diundangkan pasca Reformasi, tepatnya pada 23 September 1999.

Untuk itu SPS ingin mengabadikan momen ini di Bandung, tempat di mana jejak pers dan peta kebangkitan nasional dilahirkan. Tepatnya saat Bapak Pers Nasional, Tirto Adhi Soerjo, mendirikan suratkabar milik pribumi pertama di Indonesia, yakni Medan Prijaji, 1 Januari 1907. Setelahnya, Bapak Proklamator, Sukarno, mendirikan suratkabar Soeloeh Indonesia pada Desember 1927. Setahun kemudian, tepatnya 15 Juli 1928, beliau lanjut mendirikan Persatoean Indonesia. Kemudian pada masanya Bandung menjadi saksi perhelatan bersejarah pergerakan dunia, yakni Konferensi Asia Afrika, 18 – 24 April 1955.

Dan di tahun ini, jejak pers akan kembali terukir di Bandung. “Mewujudkan Pers Sehat, Pers Berkualitas” menjadi ruh bagi tema keseluruhan rangkaian acara. Tema tersebut sengaja diangkat untuk mengurai apa saja sebenarnya tantangan yang tengah dihadapi industri pers nasional dan bagaimana seharusnya pers bersikap atas tantangan tersebut. Tema tersebut juga sebagai refleksi seperempat abad kelahiran UU Pers yang kerap dikaitkan dengan Kemerdekaan Pers. Sudahkah pers Indonesia merdeka dalam arti yang sebenar-benarnya merdeka, yakni pers yang sehat secara bisnis, menghasilkan produk yang independen dan berkualitas bagi audiensnya.

 

Empat penghargaan bergengsi Anugerah 78 Tahun SPS Awards 2024 terdiri dari:

1. Media Brand Awards 2024

2. Media Relations Awards 2024

3. Korporasi & Institusi Terpopuler Di Media Arus Utama 2024

3. Pemimpin Divisi Komunikasi Terpopuler Di Media Arus Utama 2024

 

Mengenai kategori penghargaan Anugerah 78 Tahun SPS Awards 2024

MEDIA BRAND AWARDS 2024

Penilaian terhadap awareness media mainstream dalam mengelola brand-nya di medium digital, dalam hal ini media sosial (Instagram, Facebook, Youtube, X) dan media online. Ditandai dengan coverage media tersebut di media sosial sepanjang 1 Mei 2023 – 31 Mei 2024. Coverage dimaksud berupa: menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang media dimaksud. Kategori: Media Lokal dan Media Nasional. 

 

MEDIA RELATIONS AWARDS 2024

Media Relations Awards adalah sebuah ajang kompetisi yang mengapresiasi kinerja korporasi/institusi di bidang media relations. Sebagai barometer untuk mengukur kinerja media relations sepanjang satu tahun. Kategori: Press Release Terbaik, Press Gathering Terbaik, Press Conference Terbaik, dan Program Media Relations Terbaik. 

 

KORPORASI & INSTITUSI TERPOPULER DI MEDIA ARUS UTAMA 2024

Penilaian terhadap bagaimana korporasi dalam membangun dan menjaga hubungan baik dengan insan pers/media. Kemampuan pengelolaan Media Relations dari sebuah korporasi tersebut ditandai dengan coverage brand/korporasi tsb di media arus utama sepanjang 1 Mei 2023 – 31 Mei 2024. Coverage dimaksud berupa: menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang brand/korporasi dimaksud.

PEMIMPIN DIVISI KOMUNIKASI TERPOPULER DI MEDIA ARUS UTAMA 2024

Penilaian terhadap bagaimana pemimpin divisi komunikasi/humas/publik relations/corporate communications sebagai representasi sebuah korporasi/brand/institusi dalam membangun dan menjaga hubungan baik dengan insan pers/media. Kemampuan pengelolaan relasi dari pemimpin divisi komunikasi, ditandai dengan coverage pemimpin tsb di media arus utama sepanjang 1 Mei 2023 – 31 Mei 2024. Coverage dimaksud berupa: menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang nama pemimpin divisi komunikasi tersebut.

 

PERAIH PENGHARGAAN HUT 78 SERIKAT PERUSAHAAN PERS (SPS)

PENGHARGAAN KHUSUS

Lontar Award 2024

Apresiasi tertinggi dari organisasi SPS yang disematkan kepada Bupati Bandung Bapak Dadang Supriatna, atas budi dan jasa sumbangsihnya dalam memajukan industri dan ekosistem media-media di daerah, khususnya Bandung.

 

Lestari Award 2024

Penghargaan tertinggi dari organisasi SPS yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena keberhasilannya dalam menjaga keberlanjutan warisan budaya setempat sebagai tiang penyangga pers lokal.

 

Kategori Pemimpin Divisi Komunikasi Terpopuler di Media Arus Utama 2024

Agung Laksamana

Executive VP External Affairs - PT Freeport Indonesia

Arif Mujahidin

Direktur Komunikasi - Danone Indonesia

Boy Kelana Soebroto

Head of Corporate Communications - PT Astra International Tbk.

Eva Chairunisa

GM Corporate Secretary - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)

Fadjar Joko Santoso

VP Corporate Communications - PT Pertamina (Persero)

Grahita Muhammad

VP Corporate Communications - PT PLN (Persero)

Jonathan Kriss

Brand Communications Manager - PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami)

Okki Rishartomo Budiprabowo

Corporate Secretary - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Primasari Setya Ningrum

Corporate Secretary - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)

Ricky Andriano

VP Corporate Communications - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Saki H. Bramono

VP Corporate Communications & Social Responsibility – Telkomsel

Steve Saerang

Senior VP Corporate Communications - Indosat Ooredoo Hutchison

Wijaya Laksana

SVP Corporate Secretary - Pupuk Indonesia Holding Company

 

Kategori Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama 2024

Jenius BTPN

MIND.ID

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

PT Chevron Pacific Indonesia

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

PT Indika Energy Tbk.

PT Jasa Raharja (Persero)

PT Pertamina (Persero)

TELKOMSEL

 

Kategori Media Relations Awards

Sub Kategori Program Media Relations Terbaik 2024

Bronze Winner

PT Agincourt Resources

Lomba Karya Jurnalistik 2024 Tambang Emas Martabe

PT Surya Energi Indotama

Kolaborasi Humanis Dalam Membangun Citra Perusahaan

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)

Whoosh Experience Program

PT Riau Andalan Pulp and Paper (April Group)

Anugerah Jurnalistik APRIL - April 2023

Silver Winner

 

PT LRT Jakarta

KELAR: Keliling bareng LRT Jakarta

PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Mining Workshop for Journalist 2024

PT Pupuk Indonesia (Persero)

Beyond Headlines, Crafting Pupuk Indonesia Narrative for Effective Media Relations

PT Astra International Tbk.

Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2024

PT Petrokimia Gresik

Petrokimia Media Award

PT Mineral Industri Indonesia (Persero)/MIND ID

Kompetisi Karya Jurnalistik Media MIND ID 2023

 

Gold Winner

Otoritas Jasa Keuangan

Journalist Class

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN

Mendorong Pertumbuhan pengguna Renewable Energy Certificate (REC) melalui strategi hubungan media massa pada 2023

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

Press Tour "Bakauheni Harbour City"

PT Bank Central Asia Tbk (BCA)

BCA Expovesary 2023

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Memperkokoh Pilar Kolaborasi dengan Media dalam Publikasi Keunggulan IPB University

 

Kategori Media Relations Awards

Sub Kategori Program Press Gathering Terbaik 2024

Bronze Winner

 

PT Elnusa Tbk.

Media Gathering “Color Your Synergy”

PT Astra Agro Lestari Tbk.

Talk to the CEO

Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada

Sekolah Wartawan UGM

Great Giant Foods

Media Gathering GGF at Food & Hotel Indonesia 2023

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim)

Halal Bi Halal dan Media Gathering Pupuk Kaltim dengan Media Nasional tahun 2024

 

Silver Winner

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung)

WEGE Sport Competitions 2023

PT Hutama Karya (Persero)

Building Strategic Collaboration to Enthance Positive Local Coverage in Sumatera

PT Pelindo Jasa Maritim

Dari Makassar ke Medan: Up Dating SPJM Untuk Media

PT Smart Cakrawala Aviation (Smart Aviation)

Buka Puasa Bersama Media Smart Aviation 2024

 

Gold Winner

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Perempuan Inovasi 2024

PT Pertamina Hulu Indonesia

BASO IGA PHI: Bincang Asik Soal Migas Ala PHI

Universitas Sumatera Utara

Good Relations, Good Reputation

 

Kategori Media Relations Awards

Sub Kategori Program Press Conference Terbaik 2024

 

Bronze Winner

Ditjen Diktiristek – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang Berkeadilan

Tokocrypto

Implementasi Press Conference di Era Digital: Indonesia Crypto Outlook 2024

Universitas Indonesia

Press Conference Pelaksanaan UTBK tahun 2024 di Kampus UI

Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul Menggelar Indonesia Global Summit 2023

Silver Winner

Otoritas Jasa Keuangan

Konferensi Pers Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2024

 

Gold Winner

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA)

Peluncuran Kampanye #BuktiBaktiBCA

 

Kategori Media Relations Awards

Sub Kategori Program Press Release Terbaik 2024

 

Bronze Winner

PT Pelindo Marine Service

Pelindo Mengajar Buka Rahasia Anak Nelayan dan Pegunungan Jadi Direktur Perusahaan

PT PLN (Persero)

Presiden Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata 192 MWp, Terbesar di Asia Tenggara

 

Otoritas Jasa Keuangan

Peluncuran Roadmap Fintech P2P Lending 2023 – 2028: Perkuat Perlindungan Konsumen dan Pembiayaan produktif

PT Hutama Karya (Persero)

Perkuat Pemberdayaan Sosial Jalan Tol Padang Sicincin Kian Progresif

PT Perkebunan Nusantara 1 Regional 5

Atasi Krisis Air di Desa Tegalrejo Malang, PTPN XII dan Polres Malang Bangun Sumur Bor

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

Dukung Peningkatan Taraf Hidup MBR, ASDP Inisiasi Kegiatan Volunteer Bedah Rumah Tak Layak Huni

Cinepolis

CSR Cinepolis: Let’s Go to Cinepolis

Universitas Indonesia

Zero Hunger

PT PLN Icon Plus

Aksi Serentak Mengajar 1000 Siswa dan Tanam 1000 Pohon di Seluruh Indonesia oleh PLN Icon Plus di Hari Pendidikan Nasional

BRI Finance

Hadapi Tantangan Lingkungan Hidup, BRI Finance di 2024 Pertegas Bisnis Pembiayaan Berkelanjutan

PTPN 1 Regional 4

PTPN 1 Regional 4 Hormati Proses Hukum terhadap Kasus Korupsi Eks Pejabat PTPN XI

Pemerintah Kota Surabaya Dinas Komunikasi dan Informatika

Resepsi Akbar Isbat Nikah Massal di Balai Kota Surabaya. 330 Pasangan Rayakan Pernikahan

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)

2 Bulan Beroperasi, 1 Juta Orang telah Gunakan Kereta Cepat Whoosh

Kementerian Perdagangan

Mendag Zulkifli Hasan Terbitkan Permendag No. 7 Tahun 2024 Tentang Perubahan Kedua Atas Permendag 36 Tahun 2023

 

Silver Winner

Ditjen Vokasi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Siswa SMKN 4 Kupang Ciptakan Alat Jemuran Pintar Berbasis Internet

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kemendikbudristek Terbitkan Payung Hukum Kurikulum Merdeka secara Nasional

Pertamina Internasional EP

Incar Blok Baru PT Pertamina EP Ekspansi ke Timur Tengah

Indosat Ooredoo Hutchison

Full Year 2023

Universitas Indonesia

Affordable & Clean Energy

 

Gold Winner

BPJS Kesehatan

Kaledioskop SJSN: Refleksi Satu Dekade Penyelenggaraan Jaminan Sosial di Indonesia

 

Kategori Media Brand Awards 2024

Sub Kategori Media Lokal Terbaik

Bali Post

Banjarmasin Post

Cendrawasih Pos

Harian Fajar

Kaltim Post

Koran Singgalang

Radar Cirebon

Serambinews

Solopos

Sriwijaya Post

Tribun Lampung

Tribun Pekanbaru

Tribun Timur

Waspada Online

 

Kategori Media Brand Awards 2024

Sub Kategori Media Nasional Terbaik

Detik.com

Good News From Indonesia.id

Harian Kompas

Jawa Pos

Kompas.com

Kumparan.com

Narasi

Pikiran Rakyat Media Network

Tempo.co

Tribunnews.com

 

 

Tag :
Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua