Daerah

Dua Siswa SD IT Miftahul Ulum Wakili Subang untuk OSN

SD IT Miftahul Ulum
M. Zafran Mikhail Al-Rasyid (kiri) dan Wildan Aqiel Erlangga (kanan) wakili Subang untuk mengikuti OSN.(Muhammad Fasihal/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Dua siswa SD IT Miftahul Ulum lolos Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke tingkat Provinsi Jawa Barat untuk pertama kalinya. Mereka adalah M. Zafran Mikhail Al-Rasyid dan Wildan Aqiel Erlangga.

Pembimbing OSN SD IT Miftahul Ulum, Popy menjelaskan latar belakang keikutsertaan SD IT Miftahul Ulum dalam OSN. 

"Kita berangkat dari visi sekolah, yaitu 'Mewujudkan peserta didik unggul yang kayungyun menuju sekolah berbudaya lingkungan pada tahun 2025', salah satunya 'kayungyun ku pangabisa na' untuk kelas 4 dan 5, karena OSN kali ini untuk kelas 4 dan 5," ucapnya. 

Ia mengungkapkan, bagaimana proses seleksi anak didiknya untuk mengikuti OSN di tingkat Kabupaten. 

"Proses penyeleksian berawal dari bimbingan dengan berbagai macam soal dan bobot, setelah itu baru kita dapatkan anak-anak yang akan mewakili sekolah. Meskipun demikian anak-anak yang belum terpilih akan tetap memperoleh bimbingan tersebut," ucapnya. 

Adapun enam peserta yang mewakili SD IT Miftahul Ulum dalam OSN tingkat kabupaten lalu, antara lain mata lomba Matematika tiga peserta, dan IPA tiga peserta. 

Dua peserta dari mata lomba matematika atas nama M. Zafran Mikhail Al-Rasyid dan Wildan Aqiel Erlangga pun akhirnya berhasil mewakili sekolahnya dan Kabupaten Subang di OSN tingkat provinsi di waktu yang akan datang. 

Melihat prestasi anak didiknya tersebut, Popy mengaku bahagia dan bangga, karena proses untuk mencapai prestasi tersebut bukan waktu yang sebentar. 

"Alhamdulillah bahagia sekali dan bangga, karena untuk kegiatan tambahan seperti ini tidak bisa instan, perlu proses yang lama. Maka dari itu, dari sekarang bahkan sudah ada yang mulai dibimbing dari kelas 4," ucapnya. 

Ia pun mengungkapkan, bagaimana persiapan yang dilakukan dalam menghadapi OSN tingkat provinsi untuk anak didiknya. 

"Persiapan masih sama dalam bentuk bimbingan, hanya saja model soal dan bobotnya yang berbeda, karena di tingkat provinsi itu lebih susah dibandingkan di kabupaten," ucapnya. 

Ia berharap anak didiknya dapat mempersembahkan hasil yang terbaik dan memperoleh pengalaman yang berharga. 

"Harapannya pasti kita ingin yang terbaik pasti, itu juga pengalaman yang bagus untuk anak-anak, siapa tahu bisa lolos ke tingkat nasional, yang penting sekarang kita akan berusaha yang terbaik," ucapnya. 

Popy juga bilang bahwa tahun ini merupakan pertama kalinya SD IT Miftahul Ulum dapat lolos ke OSN tingkat provinsi. 

"Paling jauh di tahun-tahun sebelumnya kita hanya sampai di seleksi tingkat kabupaten, jadi sekarang itu pertama kali lolos ke tingkat provinsi," ucapnya. 

Kabupaten Subang sendiri mengirimkan 10 orang di tingkat SD dari berbagai sekolah untuk mewakili di OSN tingkat Provinsi Jawa Barat. 

Adapun pelaksanaan OSN tingkat SD akan berlangaung mulaindari tanggal 20 Juni sampai dengan 21 Juni 2024.(fsh/ysp) 

Berita Terkait