Daerah

Disdukcapil Subang Siap Beri Pelayanan One Day Service, Permudah Buat KTP Elektronik

ZAENAL ABIDIN/PASUNDAN EKSPRES PELAYANAN: Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ahmad Fauzi menjelaskan mengenai pelayanan pembuatan KTP.

SUBANG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang memberikan berbagai kemudahan layanan yang disediakan kepada masyarakat, untuk mempermudah pembuatan KTP Elektronik maupun Digital.

Sekertaris Dinas Disdukcapil Ahmad Fauzy mengatakan, kemudahan yang diberikan sekarang ada layanan One Day Service yaitu dengan pembuatan e-KTP satu hari jadi, dengan catatan orang yang bersangkutan datang langsung.

"Pendaftar pun sekarang dibatasi karena keterbatasan sarana termasuk keterbatasan blangko, tetapi bagi 100 orang yang datang lebih awal kita jamin semua layanan gratis dan satu sampai dua jam selesai," ucapnya. 

"Kita juga melakukan pelayanan global treck melalui KTP secara fisik, kita layani dan setiap hari. Kita juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang mendaftar KTP Elektronik, kita arahkan juga untuk membuat KTP Digital," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres. 

Kantor Disdukcapil juga memberikan layanan wifi gratis bagi pendaftar KTP digital yang kesulitan tidak memiliki kuota atau kehabisan kuota. 

"Kita melihat segmen masyarakat yang lebih tepat ke dunia digital, kemungkinan generasi gen z yang terlihat lebih mudah memahami digitalisasi. Bisa dibilang manusia kolonial sedikit lebih susah memahami dunia digitalisasi. Maka dari itu, pesanan yang lebih besar mengenal digitalisasi atau e-KTP digital itu generasi gen z," katanya. 

Ahmad Fauzy mengungkapkan, layanan One day service ini tidak hanya di pembuatan e-KTP digital saja, tetapi memberikan layanan. Seperti pembuatan Akte kelahiran, Kartu Keluarga, dan Surat pindah digital. 

"Ia mengimbau kepada masyarakat jika pembuatan dokumen kependudukan itu diurus sendiri dijamin gratis, lebih mudah, dan lebih cepat," tutupnya.(znl/ery) 

Berita Terkait