Daerah

Jasad Pelajar SMK yang Tenggelam Saat Berenang di Waduk Jatiluhur Ditemukan

Petugas saat melakukan enak korban tenggelam di Waduk Jatiluhur.
Petugas saat melakukan evakuasi korban tenggelam di Waduk Jatiluhur.

PURWAKARTA-Jasad Muhammad Rizki Gunawan (17), pelajar SMKN 1 Purwakarta yang tenggelam saat berenang di Waduk Jatiluhur Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, akhirnya ditemukan, Kamis (23/5) sekitar pukul 08.30 WIB.

Remaja yang masih duduk di bangku kelas 11 jurusan elektro itu ditemukan oleh Tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia.

Dikonfirmasi, Kepala Pelaksana Badan Penanggalan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta, Heryadi Erlan atau yang akrab disapa Abah Erlan mengatakan, korban ditemukan sekitar pukul 08.30 WIB.

"Korban sudah ditemukan tadi sekitar pukul 08.30 WIB dalam kondisi sudah meninggal dunia, masih di sekitar lokasi kejadian. Korban langsung dibawa ke RSUD Bayu Asih untuk pemeriksaan medis sebelum diserahkan ke pihak keluarga," kata Abah Erlan kepada wartawan.

Sebelumnya diberitakan, Muhammad Rizki Gunawan yang tercatat sebagai warga Kelurahan Munjuljaya, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta itu berenang bersama tiga teman sekolahnya di sekitar Dermaga PODSI Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Rabu (22/5) sekitar pukul 10.00 WIB.

Rizki yang berenang menjauh dari tepi waduk hingga berjarak 50 meter itu diduga mengalami kram. Rizki pun sempat berteriak meminta tolong.

Mendengar teriakan Rizki, ketiga temannya sempat mendatangi lokasi kejadian menggunakan perahu kecil. Namun nahas, Rizki sudah tidak terlihat dan dikabarkan tenggelam oleh ketiga temannya.

Teman sekelas korban, Dafa Erlangga (17) yang saat itu ikut berenang menceritakan peristiwa tenggelamnya Rizki Gunawan itu bisa terjadi.

Dafa menyebutkan bahwa ia bersama dua temannya memang memiliki rencana untuk berenang di Waduk Jatiluhur seusai pulang sekolah.

"Jadi memang kebetulan lagi pulang cepat, pukul 10.00 pagi sudah pulang. Kami punya rencana mau berenang di Jatiluhur. Terus korban ini sebelumnya engga ikut, tapi akhirnya nyamperin juga ke danau," ujar Dafa.

Saat korban tiba di Waduk Jatiluhur, Dafa menyebutkan jika korban langsung ikut berenang.

"Langsung ikut berenang, kan kami di pinggiran aja nih. Tapi, korban terus aja berenang ke tengah, padahal kami sudah ingetin jangan jauh-jauh," ucapnya.

Nahas, korban yang saat itu berenang yang menjauhi daratan hingga 50 meter itu diduga mengalami kram dan sempat berteriak meminta tolong.

"Pas sudah jauh itu korban sempat teriak, kami sama warga coba untuk datengin pakai perahu kecil. Tapi pas disamperin, korban sudah hilang, sudah tenggelam, enggak keliatan lagi," kata Dafa.

Adapun saat ini jenazah Muhammad Rizki Gunawan telah diserahkan ke pihak keluarga dan berada di rumah duka di Perumahan Pondok Jaya Indah, Kelurahan Munjuljaya, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta.(add/ysp) 

Tag :

Berita Terkait