Daerah

SMAN 1 Subang Dukung PPDB Online 2024, Harapakan Transparan dan Akuntabel

SMAN 1 Subang
SMAN 1 Subang mendukung PPDB online dapat berjalan dengan transparan dan akuntabel, sehingga terhindar dari kecurangan dan meminimalisir potensi diskriminasi.(Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Subang menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahun ini. 

Pihak sekolah berharap proses PPDB online dapat berjalan dengan transparan dan akuntabel, sehingga terhindar dari kecurangan dan meminimalisir potensi diskriminasi.

Ketua PPDB sekaligus Wakil kepala sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan Gungun menyampaikan bahwa sistem yang digunakan saat ini sangat mendukung dari beberapa jalur yang disediakan. 

Ia mengatakan, bahwa PPDB online merupakan langkah maju dalam proses penerimaan siswa baru. Sistem ini dinilai lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan sistem manual yang selama ini digunakan. "PPDB online memiliki banyak keuntungan, seperti lebih mudah diakses oleh calon siswa, prosesnya lebih cepat, dan lebih transparan," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres. 

"Sebelumnya sistem ini sudah berjalan dan mendukung, apabila ada kesalahan teknis dapat langsung di tangani dan diperbaiki," lanjutnya. 

Namun demikian, Wakasek Kesiswaan ini juga mengingatkan agar PPDB online dilaksanakan dengan cermat dan teliti untuk menghindari kecurangan.

Ia menambahkan, evaluasi teknis yang di gunakan PPDB online saat ini harus lebih literasi kepada aturan-aturan perbub atau aturan terbaru di tahun depan sehingga dapat lebih diterapkan sebagai dasar aturan. "Dari hasil PPDB online mulai dari tahap 1 dan tahap 2 SMAN 1 Subang menerima sebanyak 360 siswa dengan menyediakan rombongan belajar (Rombel) 10 kelas," ujarnya. 

Selain itu, Gungun menekankan pentingnya akuntabilitas dalam proses PPDB online. Sehingga semua proses PPDB online harus didokumentasikan dengan baik dan dapat diakses oleh publik. "Dengan penerapan PPDB online yang transparan dan akuntabel SMAN 1 Subang dapat menjaring siswa baru yang berkualitas dan berprestasi," harapnya.(znl/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua