Daerah

Survei LSI:  Duet Binzein–Abang Ijo Unggul Jauh, Elektabilitas Mencapai 54,5 Persen

Binzein – Abang Ijo
Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, menunjukkan bahwa paslon Binzein – Abang Ijo semakin kuat menjelang Pilkada Purwakarta 2024.(Maldiansyah/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA – Pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Saepul Bahri Binzein (Om Zein) – Abang Ijo Hapidin, semakin memperlebar jarak dengan kompetitornya di Pemilihan Bupati (Pilbub) Purwakarta 2024. 

Berdasarkan survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, elektabilitas duet ini mencapai 54,5%, jauh di depan paslon nomor urut 3, Anne Ratna – Budi Hermawan yang hanya meraih 21,6%.

Hasil survei yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, menunjukkan bahwa paslon Binzein – Abang Ijo semakin kuat menjelang Pilkada Purwakarta 2024. Survei yang dilakukan pada 8–12 Oktober 2024 ini menggunakan metodologi Multistage Random Sampling dengan 440 responden dan margin of error sebesar 4,8%.

"Tren elektabilitas paslon nomor 1 ini terus meningkat, menjadikan mereka semakin tak terkejar oleh kompetitor utamanya, paslon Anne – Budi, yang justru terus mengalami penurunan," ungkap Toto di Purwakarta, Kamis (17/10/2024).

Pada bulan Juni 2024, Anne Ratna masih memimpin dengan elektabilitas 32,7%, sementara Om Zein berada di 27,7%. Namun, tren elektabilitas Anne menurun menjadi 29,3% pada survei bulan September, dan kini anjlok ke 21,6%. Sebaliknya, elektabilitas Om Zein terus naik dari 53,4% pada September menjadi 54,5% di survei terbaru.

Faktor kunci lainnya adalah tingginya elektabilitas personal Abang Ijo sebagai calon wakil bupati, mencapai 64,6%, jauh mengungguli wakil paslon lainnya: Pipin Sopian (19,3%), Budi Hermawan (7,3%), dan Sona Maulida (1,1%).

Toto juga menyoroti tingginya angka strong supporter untuk duet Om Zein – Abang Ijo yang mencapai 38,0%. "Angka ini merupakan modal penting untuk memenangkan Pilkada. Namun, mereka harus tetap waspada karena masih ada 37,3% pemilih yang masuk kategori soft supporter, yang bisa beralih ke pasangan lain," tegasnya.

Dengan perbedaan elektabilitas yang signifikan ini, peluang menang bagi paslon Binzein – Abang Ijo semakin besar menjelang Pilkada Purwakarta pada 27 November 2024.(mas)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua