Daerah

Kevin Mina Mantan Pemain Barcelona Gabung Persikas, Lengkapi Slot Pemain Asing Persikas

Persikas Subang
Kevin Mina (kiri) bersama pemain asing Persikas Subang lainnya, Yevhen Bokhashvili dan Guilherme Batata pada suatu sesi latihan.(Muhammad Faishal/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Usai Yevhen Bokhashvili dan Guilherme Batata, Persikas Subang resmi melengkapi slot pemain asingnya dengan mengontrak Kevin Mina. Hal tersebut diumumkan oleh akun instagram @persikassubang_official pada Minggu (1/9). 
Dirinya lahir dengan nama lengkap Kevin Josué Mina Quiñónez di Quinindé, Ekuador, 2 November 1993 yang artinya saat ini ia berusia 30 tahun. 
Ia merupakan pemain berposisi penyerang depan tengah dengan tinggi menjulang 193 cm, sangat ideal untuk pemain berposisi menyerang. 
Karir sepak bolanya diawali dengan bergabung dengan klub asal kota kelahirannya, yaitu UDJ Qunindé. Kemudian ia bergabung dengan tim U-20 raksasa Ekuador, Barcelona SC pada tahun 2011. Setahun kemudian, ia diangkat ke tim Barcelona SC B pada tahun 2012, namun beberapa bulan ia sempat dipinjamkan ke klub asal Ekuador lainnya, Deportivo Coca. Setelah kembali dari peminjamannya pada akhir tahun, Kevin lagi-lagi dipinjamkan ke klub Ekuador lainnya Anaconda SC pada tahun 2013. 
Usai peminjaman dari Anaconda SC, Barcelona SC pun memutuskan untik melepaskan Kevin ke Club Águilas pada tahun 2014. Pada tahun 2015 ia bergabung dengan CS Patria, bertahan 3 bulan saja ia kembali hijrah ke Imababura SC. 
Setahun setelahnya ia bergabung dengan klub Serie A Ekuador CD Olmedo. Bersama CD Olmedo dirinya telah tampil sebanyak 43 kali dengan mencetak 9 gol dan 6 assist. 
Bakatnya pun akhirnya diminati oleh salah satu klub liga divisi teratas Bolivia, Guabirá. Kevin pun memutuskan untuk bergabung dengan klub tersebut pada tahun 2021. 
Bersama Guabirá, dirinya mencatatkan penampilan yang sangat impresif. Dalam 37 penampilannya, ia berhasil mencetak 18 gol dan 5 assist. 
Ia bahkan mencicipi kompetisi sepak bola antar klub paling prestisius dari Amerika Selatan, yaitu Copa Sudamericana bersama Guabirá. Copa Sudamericana sendiri merupakan "Liga Champions-nya" Amerika Selatan yang diadakan oleh CONMEBOL. Dalam kompetisi tersebut, ia berhasil tampil 7 kali dan mencetak 3 gol dan 1 assist. 
Setelah satu musim gemilangnya bersama Guabirá, Kevin pun pindah ke klub Bolivia lainnya, Real Santa Cruz pada tahun 2022. Bersama klub tersebut dirinya telah bermain 16 kali dengan mencatatkan 1 gol. 
Usai dari Real Santa Cruz, ia pun kembali pulang ke tanah kelahirannya dan bergabung dengan klub divisi kedua AD Nueve de Ocubre pada tahun 2023. 
Ia sempat kembali ke Bolivia dengan bergabung dengan klub Universitario pada tahun 2024, sebelum akhirnya pindah lagi ke Indonesia bergabung Persikas Subang.(fsh/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua