Gadget

Google Pixel 9 Jadi HP Android Pertama yang Punya Fitur Satellite SOS

Google Pixel 9
Google Pixel 9 menjadi ponsel pertama yang punya fitur Satellite SOS. (screenshot @Google)

PasundanEkspres - Google mengikuti langkah Apple dengan memperkenalkan fitur Satellite SOS pada seri Pixel 9. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungi petugas layanan darurat dan berbagi lokasi mereka melalui satelit saat berada di area tanpa sinyal.

Wakil Presiden Manajemen Produk Google, Brian Rakowski, menyatakan bahwa seri Pixel 9 menjadi ponsel Android pertama yang dilengkapi dengan fitur Satellite SOS. Google bekerja sama dengan penyedia layanan satelit Skylo untuk mengimplementasikan fitur ini.

Menurut pernyataan resmi, Skylo menjelaskan bahwa mereka telah bermitra dengan berbagai penyedia layanan satelit di seluruh dunia dan bekerja sama dengan tim Google serta Android untuk menghadirkan konektivitas satelit langsung ke perangkat.

Fitur Satellite SOS akan tersedia pertama kali di Amerika Serikat, dan pengguna Pixel 9 dapat mengaksesnya terlepas dari operator seluler yang digunakan. Namun, fitur ini tidak akan tersedia di negara bagian Hawaii dan Alaska.

Seperti halnya fitur Emergency SOS di iPhone, fitur Satellite SOS akan diberikan secara gratis selama dua tahun pertama setelah perangkat diaktifkan. Namun, Google belum mengungkapkan berapa biaya yang akan dikenakan setelah periode gratis tersebut berakhir, sebagaimana dilaporkan oleh PasundanEkspres melansir The Verge, Rabu (14/8/2024).

Fitur Satellite SOS kemungkinan tidak akan langsung tersedia bagi pengguna Pixel 9. Meskipun Google tidak memberikan informasi yang mendetail, laporan sebelumnya mengindikasikan bahwa fitur ini baru akan tersedia di Android 15, sementara seri Pixel 9 diluncurkan dengan Android 14.

Google menjelaskan cara mengakses SOS Satellite di seri Pixel 9 melalui laman dukungannya. Pengguna dapat langsung menghubungi 911, dan jika tidak ada layanan seluler atau Wi-Fi yang tersedia, akan muncul opsi untuk menggunakan Satellite SOS pada dialer.

Setelah itu, pengguna akan diminta untuk mengisi kuesioner terkait situasi darurat yang dihadapi. Pengguna juga dapat berbagi kondisi dan lokasi mereka dengan kontak darurat.

Untuk terhubung dengan satelit, pengguna harus mengikuti petunjuk di layar agar dapat memposisikan ponsel dengan benar. Setelah terhubung, penyedia layanan darurat akan merespons melalui SMS dalam beberapa menit.

Belum diketahui kapan fitur Satellite SOS akan tersedia di perangkat Android lainnya. Namun, setidaknya Google telah menyediakan alternatif untuk Emergency SOS di Android setelah Qualcomm gagal meluncurkan fitur serupa.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua