Gadget

Laptop Gaming Lenovo Sekarang Diperkuat Sama AI, Buat Apa Ya?

Lenovo Legion Pro 7i
Lenovo tingkatkan kemampuan laptop gaming dengan AI. (screenshot Lenovo Legion Pro 7i @lenovo.com)

PasundanEkspres - Selain memperbarui jajaran laptop Yoga dan IdeaPad, Lenovo juga menghadirkan deretan laptop gaming terbarunya ke Indonesia, yaitu dari seri Legion dan LOQ. Apa saja yang baru?

Perubahan terbesar dari seri laptop gaming Lenovo ini dibandingkan dengan seri sebelumnya adalah pada sistem pendingin, khususnya arah aliran udara untuk mendinginkan sistem laptop. Jika biasanya sistem pendingin laptop menarik udara dingin dari bagian bawah dan membuang udara panas dari samping, seri Legion terbaru ini membuang udara panas ke bagian belakang laptop.

"Jika panasnya dibuang ke samping, biasanya itu mengarah ke tangan pengguna, jadi tidak nyaman," kata Hendry Lim, Consumer Product Manager Lenovo Indonesia dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Khusus untuk Legion 7i dan Legion 5i yang berbasis Intel, Lenovo memperkenalkan solusi termal Legion Coldfront: Hyper, yang dirancang untuk mengatasi tantangan dalam mengelola suhu panas pada laptop gaming. Penutup di bagian bawah memastikan bahwa udara panas tetap terpisah dari udara dingin yang ditarik oleh kipas ganda. Dengan demikian, perangkat keras akan lebih dingin dan menghasilkan framerate yang lebih tinggi, sehingga menawarkan gameplay yang lebih mulus untuk para gamer.

Selain itu, sistem pendinginan yang lebih baik juga dihadirkan pada jajaran laptop gaming kelas entri Lenovo, salah satunya LOQ 15IAX9I. Laptop ini dibekali teknologi termal hyperchamber baru yang diklaim bisa menjaga prosesor tetap dingin, mengeluarkan daya tambahan hingga 25W dalam Mode Extreme sambil menjaga suhu hingga 2°C lebih dingin, dan menurunkan kebisingan kipas hingga 2dB dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selaras dengan visi Lenovo dalam menghadirkan AI for All, inti dari jajaran laptop gaming baru ini adalah rangkaian chip AI perangkat keras milik Lenovo yang disebut chip LA AI. Pertama kali diperkenalkan pada CES lalu, chip LA1 AI tahun ini lebih canggih dari sebelumnya, memungkinkan laptop Lenovo Legion dan Lenovo LOQ mencapai performa yang lebih maksimal.

Chip AI ini mendukung Lenovo AI Engine+, yang menggunakan pembelajaran mesin perangkat lunak. Kemampuan yang ditawarkan Lenovo AI Engine+ dapat diaktifkan melalui Lenovo Vantage, antara lain untuk membantu memantau FPS dalam game dan secara dinamis menyesuaikan pengaturan rute daya, kurva kipas, dan pengaturan lainnya untuk mempertahankan kinerja tertinggi.

Deretan laptop gaming terbaru Lenovo ini diperkuat kartu grafis RTX 40 dan Intel Core generasi ke-14. Lalu layar yang dipakai adalah layar PureSight yang setiap unitnya dikalibrasi. Bagi pengguna yang membutuhkan kecepatan refresh layar yang lebih cepat, Lenovo Legion 5i (16", 9) tersedia dengan layar IPS 16 inci 16:10 yang mendukung refresh rate hingga 240Hz, 100% sRGB, dan kecerahan 500 nits untuk ketelitian yang lebih ekstra baik saat bermain game ataupun berkreasi.

Harga dan Series

Laptop dan PC Gaming terbaru Lenovo adalah sebagai berikut:

  • Lenovo Legion 7i (16", Gen 9), Lenovo Legion 5i (16", Gen 9) harga mulai dari Rp 30.999.000
  • Lenovo Legion Pro 7i (16", Gen 9) dan Lenovo Legion Pro 5i (16", Gen 9) harga mulai dari Rp 28.999.000
  • Lenovo LOQ 15IRX9, Lenovo LOQ 15IAX9I, dan Lenovo LOQ 15IAX9 harga mulai dari Rp 11.499.000
  • Lenovo LOQ Tower harga mulai dari Rp 21.400.000

Berita Terkait