Gadget

GTA 6 Tak Akan Rilis Sebelum Sempurna, Ini Kata Eks Rockstar!

GTA VI
GTA VI akan dirilis setelah sempurna. (screenshot Trailer 1 @Rockstar)

PasundanEkspres - Penggemar seri game Grand Theft Auto (GTA) tampaknya masih harus bersabar menunggu perilisan GTA 6.

Mantan pengembang Rockstar, Obbe Vermeij, secara terbuka menyampaikan informasi terkait waktu peluncuran GTA 6. Menurutnya, Rockstar memang menargetkan peluncuran GTA 6 pada tahun 2025, namun banyak faktor yang dapat mempengaruhi perubahan jadwal tersebut.

Faktor utama yang menurut Vermeij dapat menyebabkan penundaan peluncuran adalah komitmen Rockstar untuk memastikan bahwa GTA 6 benar-benar sempurna sebelum dirilis. Mereka tidak akan meluncurkan game tersebut hingga merasa puas, meskipun hal ini berarti harus menunda tanggal rilis.

"Keputusan untuk menunda GTA 4 dibuat empat bulan sebelum tanggal peluncuran awal. Semakin ke sini semakin sulit untuk menentukan tanggal peluncuran. Rockstar mungkin tak bisa memastikan apakah mereka bisa mencapai target peluncuran pada sekitar Mei 2025," jelas Vermeij.

Sebagai tambahan informasi, Vermeij adalah sosok penting di Rockstar saat masih aktif bekerja, dengan jabatan sebagai technical director dalam pengembangan beberapa game ikonik seperti GTA 3 dan GTA 4.

Meskipun sudah tidak bekerja di Rockstar, Vermeij masih mengikuti perkembangan di bekas perusahaannya tersebut, sebagaimana dilaporkan oleh PasundanEkspres yang mengutip dari Techspot pada Selasa (15/10/2024).

Vermeij juga mengungkap alasan di balik penundaan peluncuran GTA 4, yang menurutnya disebabkan oleh adanya masalah pada kode, durasi misi yang terlalu pendek, serta performa game yang bermasalah di konsol PS3. Faktor terakhir ini dianggap sebagai penyebab utama penundaan tersebut.

Menurut Vermeij, GTA 4 pada saat tanggal peluncuran awal memang belum siap untuk dirilis. Jika dipaksakan, hal tersebut akan menimbulkan masalah besar bagi Rockstar.

Sementara itu, GTA 6 diperkirakan akan menjadi proyek yang lebih ambisius dibandingkan GTA 4. Artinya, game tersebut membutuhkan lebih banyak perbaikan sebelum akhirnya siap untuk dirilis. Namun, hal ini bukanlah masalah bagi Rockstar karena mereka tidak ragu untuk menunda peluncuran GTA 6.

"GTA 6 akan dijual hingga 10 tahun ke depan dan tak ada kompetitor yang perlu ditakutkan. Mereka tak akan merilis game itu sampai mereka 100% puas. Apa pun yang dikatakan di trailer tidak akan berpengaruh," tambah Vermeij.

Salah satu masalah yang mungkin dihadapi GTA 6 adalah performa game tersebut di konsol Xbox Series S, yang tidak memiliki kemampuan secepat Xbox Series X atau PS5. Menurut Vermeij, GTA 6 seharusnya dapat berjalan lancar di Xbox Series S, X, serta PS5 dengan frame rate 30fps, dan lebih mulus di PS5 Pro dengan frame rate 60fps.

Namun, kemampuan pemrosesan grafis Xbox Series S menurut Vermeij mungkin tidak cukup kuat untuk mencapai kondisi ideal tersebut, mengingat perbedaan performa yang cukup signifikan dibandingkan Xbox Series X.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua