Gadget

PS5 Pro Rilis November 2024, Harga Lebih Mahal tapi Spek Lebih Gahar!

PS5 Pro
PS5 Pro bakal meluncur bulan dengan dengan harga yang lebih mahal tapi dengan spek yang lebih gahar. (screenshot @Playstation)

PasundanEkspres - Setelah berbagai rumor beredar di internet, Sony akhirnya mengonfirmasi bahwa PS5 Pro akan segera diluncurkan. Konsol gaming terbaru ini akan tersedia dalam dua bulan ke depan.

Sony mengumumkan bahwa harga PS5 Pro jauh lebih mahal dibandingkan dengan PS5 versi biasa. CEO PlayStation, Hideaki Nishino, menyatakan bahwa produk terbaru ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih canggih daripada versi sebelumnya.

"Kami mengembangkan PS5 Pro dengan fokus pada para pemain dan kreator yang menginginkan kualitas grafis dengan fidelitas lebih tinggi dan frame rate stabil pada 60 fps. Kami berhasil mencapai itu di PS5 Pro," ujar Nishino, dikutip dari situs resmi Sony, Rabu (11/9/2024).

Harga PS5 Pro

Menurut Nishino, PS5 Pro akan dirilis pada 7 November 2024. Namun, ketersediaannya di Indonesia belum dapat dipastikan.

Berdasarkan informasi dari laman resmi PlayStation, PS5 Pro baru akan tersedia di beberapa negara Eropa. Biasanya, setelah beberapa bulan dari perilisan resminya, konsol ini akan hadir untuk para pemain di Indonesia.

Harga PS5 Pro diperkirakan lebih mahal sekitar Rp 4 juta dibandingkan dengan PS5 biasa. Sony menawarkan PS5 Pro dengan harga USD 699,99 atau sekitar Rp 10,7 juta. Sementara itu, harga PS5 versi biasa dibanderol mulai dari USD 449 atau sekitar Rp 7 juta. Tentu saja, harga tersebut dapat berbeda di tiap negara, tergantung pajak dan biaya lainnya.

Dengan harga tersebut, PS5 Pro akan dilengkapi dengan SSD 2TB, kontroler nirkabel DualSense, serta salinan Astro's Playroom yang sudah terpasang otomatis di setiap pembelian.

Spesifikasi PS5 Pro

Seperti yang disampaikan Nishino, dari segi spesifikasi, PS5 Pro lebih unggul dibandingkan versi sebelumnya. Terdapat tiga peningkatan utama yang diusung oleh PS5 Pro.

1. GPU

Sony menjelaskan bahwa GPU pada konsol ini telah ditingkatkan secara signifikan. Kini, PS5 Pro memiliki 67% Compute Units lebih banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya, serta peningkatan kecepatan memori hingga 28%.

Hasilnya, rendering grafis menjadi 45% lebih cepat, memberikan pengalaman bermain yang lebih baik bagi para gamer.

2. Advance Ray Tracing

Nishino juga mengungkapkan bahwa teknologi Ray Tracing di PS5 Pro telah lebih canggih. Teknologi ini memungkinkan refleksi dan refraksi cahaya menjadi lebih dinamis.

Meski begitu, Nishino tidak memberikan penjelasan detail mengenai peningkatan kinerja Ray Tracing ini, hanya menyebutkan bahwa pantulan cahaya akan lebih cepat dua hingga tiga kali lipat.

3. AI-Driven Upscaling

Fitur lain yang membedakan PS5 Pro dari PS5 biasa adalah PlayStation Spectral Super Resolution, yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kejernihan dan ketajaman gambar, serta menambahkan detail pada setiap gambar.

Selain ketiga fitur tersebut, PS5 Pro juga dilengkapi dengan fitur PS5 Pro Game Boost, yang memungkinkan konsol ini untuk menjalankan lebih dari 8.500 game PS4 dengan stabil.

"Enhanced Image Quality untuk game PS4 juga tersedia, memberikan peningkatan resolusi pada game-game PS4 tertentu. PS5 Pro juga akan hadir dengan teknologi nirkabel terbaru, Wi-Fi 7, di wilayah yang mendukung standar ini. Selain itu, konsol ini juga mendukung VRR dan game dengan resolusi 8K," ujar Nishino.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua