Gadget

iPhone 17 di Kabarkan Bakal Punya Layar Anti-Reflektif dan Akan Lebih Tahan Gores

iPhone 17
iPhone 17 akan punya layar anti-reflektif dan lebih tahan goresan. (screenshot iPhone 15 @apple.com)

PASUNDAN EKSPRES - iPhone 17 series tampaknya akan mengalami peningkatan pada tampilan layar yang sebanding dengan Samsung Galaxy S24 Ultra. Pembaruan tersebut mencakup layar yang lebih tahan gores dan anti-reflektif.

Berdasarkan postingan Tipster Instant Digital di Weibo, bagian luar display iPhone 17 akan diperkuat dengan lapisan anti-gores yang lebih kuat. Lapisan tersebut juga dirancang agar anti-reflektif, memungkinkan layar tetap terlihat jelas di bawah sinar matahari terang.

Alat yang diperlukan untuk menerapkan lapisan tersebut telah diserahkan kepada rantai pasokan Apple di China. Namun, teknologi ini belum siap untuk diterapkan pada iPhone 16 series dan diperkirakan baru akan tersedia pada iPhone 17 series tahun depan.

Saat ini, iPhone 15 series dilengkapi dengan layar yang dilindungi oleh lapisan kaca-keramik bernama Ceramic Shield, hasil kolaborasi antara Apple dan Corning. Ceramic Shield diperkenalkan pertama kali pada tahun 2020 bersama dengan iPhone 12 series.

Apple mengklaim Ceramic Shield mampu bertahan empat kali lebih baik dari kaca konvensional yang digunakan pada iPhone 11. Mereka juga menyebut bahwa Ceramic Shield di iPhone 15 jauh lebih tahan banting daripada kaca pelindung ponsel lainnya.

Beberapa bulan setelah peluncuran iPhone 15, Samsung memperkenalkan Galaxy S24 Ultra dengan lapisan Gorilla Glass Armor di layarnya, yang juga dikembangkan oleh Corning. Menurut Corning, Gorilla Glass Armor dapat mengurangi pantulan cahaya hingga 75% dibandingkan dengan kaca biasa dan empat kali lebih tahan gores daripada kaca pelindung kompetitor.

Meskipun belum ada konfirmasi apakah Apple akan menggunakan Gorilla Glass Armor untuk iPhone 17, deskripsi tersebut sejalan dengan klaim dari tipster Instant Digital. Kemungkinan besar, Apple akan mengadopsi teknologi serupa dengan nama yang berbeda.

Apple dan Corning memiliki sejarah kerja sama yang panjang, dengan banyak produk Apple yang menggunakan Gorilla Glass. Pada tahun 2021, Apple juga menginvestasikan dana sebesar USD 495 juta untuk mendukung riset dan pengembangan Corning, yang kemudian menghasilkan teknologi Ceramic Shield.

Berita Terkait