Gadget

iPhone Kamu Dapat iOS 18? Yuk Cek Daftarnya, Banyak Fitur Baru

Daftar iPhone yang dapat iOS 18
Daftar iPhone yang dapat iOS 18 dan fitur baru. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Apple dikabarkan akan merilis iPhone 16 series pada 9 September mendatang. Seiring dengan peluncuran ponsel tersebut, iOS 18 juga akan diperkenalkan.

iOS 18 pertama kali diperkenalkan pada acara WWDC 2024 pada bulan Juni lalu. Pembaruan sistem operasi iPhone ini membawa berbagai fitur baru.

Namun, tidak semua model iPhone akan mendapatkan pembaruan ini. Beberapa model tidak termasuk dalam daftar perangkat yang mendukung, berikut adalah daftar lengkapnya:

Daftar iPhone yang Mendukung iOS 18

- iPhone SE (generasi kedua atau lebih baru)

- iPhone XR

- iPhone XS

- iPhone XS Max

- iPhone 11

- iPhone 11 Pro

- iPhone 11 Pro Max

- iPhone 12

- iPhone 12 mini

- iPhone 12 Pro

- iPhone 12 Pro Max

- iPhone 13

- iPhone 13 mini

- iPhone 13 Pro

- iPhone 13 Pro Max

- iPhone 14

- iPhone 14 Plus

- iPhone 14 Pro

- iPhone 14 Pro Max

- iPhone 15

- iPhone 15 Plus

- iPhone 15 Pro

- iPhone 15 Pro Max

Dengan kata lain, jika Anda memiliki iPhone dari tahun 2017 atau sebelumnya (iPhone 8 atau iPhone X), Anda tidak akan dapat memperbarui ke iOS terbaru. Meski demikian, iPhone tersebut masih tetap dapat digunakan meskipun tanpa fitur terbaru.

Kustomisasi Layar Utama & Pusat Kontrol

Pengguna iPhone kini memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk menyesuaikan Layar Utama, Layar Terkunci, dan Pusat Kontrol. Anda bisa menempatkan aplikasi dan widget di mana saja di Layar Utama, bahkan di atas dock untuk akses yang lebih mudah, atau menyesuaikan wallpaper dengan sempurna.

Ikon dan widget aplikasi sekarang dapat tampil dengan efek gelap atau berwarna, dan Anda bisa membuatnya lebih besar agar lebih sesuai dengan preferensi Anda.

Pusat Kontrol juga didesain ulang untuk memberikan akses yang lebih mudah ke berbagai fitur yang sering digunakan sehari-hari. Desain baru ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengakses kontrol seperti pemutaran media, kontrol Home, dan konektivitas, serta dengan mudah beralih antar kontrol. Ini adalah langkah besar dalam memberikan fleksibilitas dan kemudahan bagi pengguna iPhone.

Sekarang, pengguna juga dapat menambahkan kontrol dari aplikasi pihak ketiga yang didukung ke dalam Pusat Kontrol, memungkinkan mereka untuk membuka kunci mobil dengan cepat atau langsung mengambil konten untuk media sosial - semuanya dari satu tempat. Galeri kontrol yang baru menampilkan berbagai opsi yang tersedia, dan pengguna dapat menyesuaikan pengaturan kontrol, termasuk mengatur ukurannya dan membuat kelompok baru.

Untuk pertama kalinya, pengguna juga dapat mengubah tombol kontrol di bagian bawah Layar Terkunci, memilih dari galeri kontrol, atau bahkan menghilangkan tombol kontrol tersebut. Dengan tombol Action yang tersedia pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, pengguna dapat dengan cepat menggunakan kontrol dari opsi yang tersedia di galeri kontrol.

Photos

Apple telah merombak desain aplikasi Photos. Tampilan baru ini memudahkan kita untuk menemukan dan mengenang momen spesial dengan lebih mudah.

Berkat tampilan carousel baru yang menyajikan sorotan yang diperbarui setiap hari dan menampilkan orang-orang favorit, hewan peliharaan, tempat, dan lainnya. Perpustakaan foto disesuaikan agar Anda dapat mengatur koleksi, menyematkan koleksi untuk bisa diakses lebih sering, dan menyertakan hal-hal yang paling penting dalam carousel.

Pesan

iMessage dilengkapi dengan efek teks baru yang membuat percakapan menjadi lebih hidup dengan memperjelas huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan yang dinamis dan beranimasi. Pengguna dapat mengekspresikan nada dengan lebih baik dengan menambahkan format seperti huruf tebal, garis bawah, huruf miring, dan coretan.

Tapback kini mendukung emoji atau stiker apa pun, dan Anda sekarang dapat membuat pesan dan menjadwalkannya untuk dikirim di lain waktu.

Mail

Mail kini memberikan kategorisasi untuk mengatur dan mengurutkan email yang masuk ke dalam tab utama. Ini memudahkan Anda untuk mengecek email pribadi atau yang perlu segera diperhatikan.

Mail juga dilengkapi dengan tampilan intisari baru yang menyatukan semua email yang relevan dari sebuah bisnis. Dengan ini, Anda dapat memeriksa email yang penting dengan cepat.

Safari

Safari kini menawarkan cara yang lebih mudah untuk menemukan informasi di web. Dengan menggunakan pembelajaran mesin, Safari dapat menampilkan informasi penting tentang sebuah halaman web.

Misalnya, pengguna dapat meninjau ringkasan untuk mengetahui inti dari sebuah artikel; melihat dengan cepat lokasi restoran, hotel, atau landmark; atau mendengarkan lagu dari seorang artis langsung dari artikel tentang lagu atau album tersebut.

Reader telah didesain ulang untuk menghadirkan lebih banyak cara menikmati artikel tanpa gangguan, dengan ringkasan dan daftar isi yang disertakan untuk artikel yang lebih panjang.

Aplikasi Kata Sandi

Aplikasi Kata Sandi yang baru ini memudahkan pengguna untuk mengakses kata sandi, kunci sandi, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi. Aplikasi ini juga menyertakan peringatan bagi pengguna mengenai kelemahan umum, seperti kata sandi yang mudah ditebak atau digunakan berulang kali, dan kata sandi yang muncul dalam kebocoran data yang diketahui.

Mode Game

Mode Game meningkatkan pengalaman bermain game dengan kecepatan frame yang lebih konsisten, terutama dalam sesi permainan yang panjang, serta membuat aksesori nirkabel seperti AirPods dan pengontrol game menjadi sangat responsif.

Catatan Matematika

Rumus dan persamaan yang dimasukkan saat mengetik akan diselesaikan secara instan dengan Catatan Matematika. Bagian baru yang dapat diciutkan dan penyorotan membuat segala hal penting menjadi lebih jelas.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua