Internasional

Remaja Australia Tewas Diserang Hiu saat Berenang di Pantai Selatan

Remaja Australia Tewas Diserang Hiu saat Berenang di Pantai Selatan
Remaja Australia Tewas Diserang Hiu saat Berenang di Pantai Selatan (dok.pexels.com/GEORGE DESIPRIS)

PASUNDAN EKSPRES - Seorang remaja laki-laki dilaporkan tewas diserang hiu saat sedang berenang di tempat wisata dan selancar di pantai selatan Australia. 

Polisi setempat mengatakan, pihaknya menerima laporan tentang serangan hiu di dekat Pantai Ethel di Taman Nasional Innes di Semenanjung Yorkep pada Kamis (27/12/2023) pukul 13.30. Adapun jenazahnya telah ditarik dari perairan usai serangan tersebut.

“Menyedihkan, jasad seorang remaja laki-laki ditemukan di air,” kata polisi.

Dilansr dari IDN Times, Taman nasional Innes sangat populer di kalangan wisatawan, nelayan, dan peselancar. 

Tempat ini juga terkadang terkenal dengan arusnya yang kuat dan gelombangnya yang cukup besar.

“Ini adalah kejadian yang sangat tragis,” kata Luke Sykora, warga setempat dan juga peselancar, dikutip ABC News.

“Saya telah melihat beberapa hiu di sini selama 22 tahun, tapi itu adalah serangan fatal pertama yang kami alami di sini. Saya tidak ingin siapa pun berada di pantai yang sama pada waktu yang sama," tambahnya. 

Polisi mengatakan bahwa petugas dan sejumlah detektif telah hadir di lokasi kejadian.

Marty Goody, seorang penduduk setempat yang telah berselancar di daerah tersebut selama beberapa dekade, mengatakan bahwa korban mungkin berada sekitar 30 m hingga 40 m jauhnya dari pantai.

"Itu adalah bagian paling terbuka menuju lautan terbuka, itulah wilayah utama yang terkena gelombang besar," kata Goody.

Goody juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap peningkatan jumlah hiu di perairan tersebut.

“Komunitas selancar di Semenanjung Yorke sangat kecil dan semua orang saling mengenal. Saya sudah berselancar di sini selama 40 tahun dan selalu ada hiu dan Anda selalu tahu ada hiu di sana, tapi sepertinya sekarang jumlahnya lebih banyak lagi," tambahnya.

Serangan hiu telah terjadi beberapa kali di perairan Australia Selatan dalam beberapa bulan terakhir. Pada Mei, seorang guru sekolah berusia 46 tahun, Simon Baccanello, tewas diserang hiu saat ia berselancar di Walkers Rock di Eyre Peninsula.

Pada November, seorang peselancar bernama Tod Gendle terbunuh di pantai barat dekat Streaky Bay. Pria berusia 55 tahun itu diserang hiu saat sedang berselancar di dekat Pantai Granites.

Beberapa hari setelah serangan itu, seorang mahasiswa bernama Bridgette O'Shannessy menderita luka serius akibat digigit hiu di dekat dermaga di Port Noarlunga.

(nym) 

 

Berita Terkait