Internasional

Deklarasi Bencana Dikeluarkan ketika Texas Dilanda Kebakaran Hutan 'Dahsyat'

Deklarasi Bencana Dikeluarkan ketika Texas Dilanda Kebakaran Hutan 'Dahsyat'
Deklarasi Bencana Dikeluarkan ketika Texas Dilanda Kebakaran Hutan 'Dahsyat' (Image From: The Texas Tribune)

PASUNDAN EKSPRES - Deklarasi bencana dikeluarkan ketika Texas dilanda kebakaran hutan yang dahsyat. Kebakaran hutan yang 'dahsyat' di Texas telah menyebabkan deklarasi bencana untuk di beberapa kabupaten dan perintah evakuasi diberlakukan di beberapa bagian Texas Panhandle.

Deklarasi Bencana Dikeluarkan ketika Texas Dilanda Kebakaran Hutan

Pada hari Selasa waktu setempat, Gubernur Greg Abbott mengumumkan deklarasi bencana untuk 60 kabupaten karena terjadinya penyebaran kebakaran hutan yang meluas di seluruh negara bagian Texas

Dalam sebuah pernyataan, Abbott menjelaskan bahwa deklarasi ini akan memastikan bahwa sumber daya penanggulangan kebakaran dapat segera dikerahkan ke daerah-daerah di Texas Panhandle yang terdampak oleh kebakaran hutan yang dahsyat.

BACA JUGA:Bantuan Dijatuhkan dari Pesawat di Gaza, Ratusan Warga Sambut dengan Senang

BACA JUGA:KBRI Bangkok Beberkan Persyaratan Baru Untuk WNI yang Ingin Berkunjung ke Thailand

Menurut Texas A&M Forest Service, mereka telah merespons 13 kebakaran hutan pada hari Senin, dan pada hari Selasa kondisi dianggap sesuai untuk terjadinya lebih banyak aktivitas kebakaran hutan.

"Beberapa kebakaran hutan besar terjadi di bawah kondisi yang hangat, kering, dan berangin di Texas Panhandle," kata Texas A&M Forest Service yang menuliskannya di media sosial mereka, dikutip ABC News, Rabu (28/2/2024). 

"Hari ini, angin kencang kemungkinan akan berdampak pada kebakaran hutan ini dan potensi kebakaran baru tetap ada," tambahnya. 

Menurut Layanan Cuaca Nasional, kebakaran terus berdampak terutama di bagian tengah dan timur Panhandles pada hari Selasa waktu setempat.

Menurut Texas A&M Forest Service, salah satu kebakaran yang terjadi adalah Kebakaran Smokehouse Creek di Hutchinson County, yang telah melahap sekitar 250.000 hektar tanah pada Selasa malam dan belum berhasil dikendalikan. Pada hari Selasa, terdapat perilaku kebakaran yang sangat ekstrim yang terjadi, dengan angin kencang mencapai 60 mph dan kobaran api setinggi 20 kaki di padang rumput. 

Sementara, kata para anggota pemadam kebakaran, kebakaran Windy Deuce di Moore County telah menghanguskan sekitar 38.000 hektar dan 20% terkendali. 

Menurut pemerintah kota, lebih dari 40 rumah telah mengalami kerusakan di Fritch, sebuah kota yang terletak di kabupaten Hutchinson dan Moore, sejak hari Senin. Sebagai tindakan pencegahan, sebagian warga kota telah dievakuasi.

Abbott memperingati bahwa kebakaran hutan berpotensi meluas dalam beberapa hari mendatang karena suhu yang tinggi dan kondisi berangin yang terus berlanjut.

(ipa)

Berita Terkait