Internasional

Lia Kim 1MILLION Dance Ungkap Gak Dapat Profit Apapun dari Youtube, Kok Bisa?

Lia Kim 1MILLION Dance Ungkap Gak Dapat Profit Apapun dari Youtube
Lia Kim 1MILLION Dance Ungkap Gak Dapat Profit Apapun dari Youtube

PASUNDAN EKSPRES - Lia Kim 1MILLION Dance Studio ungkap gak dapat profit apapun dari video yang mereka unggah ke Youtube. Pernyataan tersebut disampaikan Lia Kim dalam wawancaranya di sebuah kanal Youtube yang dikabarkan oleh Naver. 

Siapa, sih yang gak tahu kanal Youtube 1MILLION Dance Studio? Kanal Youtube dengan lebih dari 26 juta subscriber di Youtube tersebut terkenal selalu membagikan koreografi memukau dari lagu-lagu populer dunia termasuk KPop. 

Namun, dibalik jumlah subscriber yang banyak, ternyata 1MILLION Dance Studio tidak mendapatkan revenue (keuntungan) sama sekali dari video yang diunggah ke Youtube. Kok bisa? 

"Semua profit masuk kepemilik hak cipta musik yang dipakai (di video)" ungkap Lia Kim yang mengutip dari Naver (30/12/23). 

Lebih lanjut, Lia Kim mengatakan kalau musik itu memiliki sejarah yang panjang dari asosiasi pemilik hak cipta dan pemegang lisensi musik. 

"Youtube dan platform lain sudah punya sistem kompensasi bagi pemilik hak cipta musik, tapi hal ini gak berlaku pada koreografi/dance" lanjutnya. 

Selain itu, Lia Kim juga sempat ditanya mengapa koreografi tidak memiliki sistem hak cipta yang sama seperti hak cipta musik. Kemudian koregrafer berusia 39 tahun tersebut mengungkapkan. 

"Kalau kita lihat sejarah, proses membuat sistem hak cipta itu butuh banyak usaha dan pengorbanan banyak pihak"

Sebagai perbandingan, Lia Kim menjelaskan bahwa Korea Music Copyright Association (KOMCA), lembaga yang mengatur prosedur hak cipta musisi Korea Selatan sudah terbentuk sejak 1964. Lia Kim menyadari kepedulian terhadap hak cipta musik Korea Selatan, tidak sebanding dengan sistem hak cipta koreografi .

Sebab, dibandingkan dengan hak cipta musik Korea Selatan, sistem hak cipta koreografi masih harus menempuh perjalanan panjang hingga akhirnya mendapat pengakuan dari segi profit atau keuntungan.

"Menurutku, industri seni tari (dance) memang masih terbilang baru" tutup Lia Kim. 

1MILLION Dance Studio adalah sekolah tari di Seoul, Korea Selatan yang berdiri sejak tahun 2014. Instruktur 1MILLION telah membuat koreografi untuk artis KPop terkenal seperti Jay Park , Girl's Generation , 2NE1 , GOT7 , HyunA , EVERGLOW , MAMAMOO , dan lain-lain. 

Selain Lia Kim, sejumlah instruktur 1MILLION Dance Studio juga mendapatkan popularitas yang hampir setara dengan idol KPop. Sebut saja Kasper, Jane Kim, hingga Jin Lee. Bagaiman apendapatmu?

(nym)

 

Berita Terkait