Lifestyle

Susah Merem di Malam Hari? Ini Dia Tips agar Cepat Tidur yang Ampuh Memberantas Insomnia

Susah Merem di Malam Hari? Ini Dia Tips agar Cepat Tidur yang Ampuh Memberantas Insomnia
Susah Merem di Malam Hari? Ini Dia Tips agar Cepat Tidur yang Ampuh Memberantas Insomnia (Image From: Pexels/Andrea Piacquadio)

PASUNDAN EKSPRES - Tips agar cepat tidur yang wajib kamu coba. Hampir setengah populasi di dunia ini, sulit tidur menjadi momok yang tidak pernah mau mangkir dari kehidupan.

Padahal tidur yang cukup dan berkualitas merupakan hal yang penting untuk kesehatan fisik dan mental. Menurut data dari National Sleep Foundation, sekitar 35% orang dewasa melaporkan bahwa mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Apakah kamu jadi salah satu yang merasa sulit tidur? Nah, oleh karena itu, di sini ada beberapa tips agar cepat tidur yang bisa kamu coba. 

Tips agar Cepat Tidur 

Berikut adalah beberapa tips agar cepat tidur yang bisa kamu coba. 

Menciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman 

Salah satu cara paling ampuh untuk tidur lebih cepat adalah dengan menciptakan suasana tidur yang nyaman. Kamu harus tahu, bahwa suhu kamar yang pas untuk tidur itu antara 15-20 derajat Celsius.

Pastikan ruangan kamu gelap dan tidak bising, kamu juga bisa gunakan tirai hitam untuk menutupi cahaya, dan sediakan penyumbat telinga kalau perlu.

Jangan lupa untuk menciptakan kasur dan bantal yang nyaman agar tidur kamu bisa lebih cepat. 

Batasi Penggunaan Perangkat Elektronik

Paparan cahaya biru dari perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan komputer dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yang berperan penting dalam mengatur siklus tidur.

Kalau kamu ingin menggunakan perangkat elektronik, kamu bisa menggunakannya setidaknya satu jam sebelum tidur.

BACA JUGA: 3 Cara Meningkatkan Keberanian Diri untuk Kehidupan yang Lebih Mengesankan

BACA JUGA: Rekomendasi Jam Tangan Kotak Lucu yang Populer dan Worth it 2024

Sebagai gantinya, kamu bisa membaca buku, meditasi, atau melakukan aktivitas santai lainnya untuk mempersiapkan tubuh kamu tidur.

Menenangkan Diri dengan Musik

Kalau kamu mengalami kesulitan tidur akibat suara bising di sekitar, kamu bisa mencoba tutup pintu dan jendela kamar untuk menghalangi suara tersebut.

Setelah itu, dengarkan musik yang bisa membantu kamu merasa lebih santai. Metode ini terbukti cukup efektif untuk mengatasi masalah tidur seperti insomnia. 

Namun, pastikan untuk memutar musik menggunakan speaker, bukan earphone. Menggunakan earphone saat tidur dapat meningkatkan risiko cedera dan infeksi pada telinga.

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi dengan air hangat adalah salah satu cara yang efektif untuk cepat tidur. Suhu hangat ini dapat membantu merilekskan tubuh.

Rasa tenang tersebut akan membuat kamu merasa lebih mengantuk dengan cepat, sehingga mempermudah proses tidur.

Nah, itulah mengenai beberapa tips agar cepat tidur yang ampuh. Semoga membantu. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua