Lifestyle

Cara Kerja Ganjal ATM yang Wajib Kamu Ketahui agar Uang Kamu Tetap Aman

Cara Kerja Ganjal ATM  yang Wajib Kamu Ketahui agar Uang Kamu Tetap Aman
Cara Kerja Ganjal ATM yang Wajib Kamu Ketahui agar Uang Kamu Tetap Aman (Image From: Pexels/Roberto Hund)

PASUNDAN EKSPRES - Cara kerja ganjal ATM ini sangat perlu diketahui untuk mencegah terjadinya aksi ganjal ATM. Baru-baru ini telah terjadi kasus ganjal ATM yang mengakibatkan uang korban diraup habis sebesar 933 juta rupiah.

Kejadian tersebut terjadi di Jawa Tengah ketika korban mendapatkan bantuan dari orang tidak dikenal di mesin ATM pada 2 Maret 2024. Korban merupakan nasabah Bank BRI. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut terulang lagi, kamu bisa melindungi uang kamu yang ada di mesin ATM dengan mencari tahu bagaimana cara kerja ganjal ATM. Yuk, kita simak cara pelaku melakukan ganjal ATM yang bisa merugikan nasabah. 

Cara Kerja Ganjal ATM 

Berikut adalah beberapa cara kerja ganjal ATM yang wajib kamu ketahui. 

Pelaku berpura-pura melakukan transaksi di ATM 

Cara kerja ganjal ATM yang pertama adalah pelaku akan berpura-pura melakukan transaksi di mesin ATM, sembari melakukan aksinya dengan mengganjal tempat kartu ATM dimasukkan.

Selain itu, pelaku juga akan menyeting mesin ATM agar korban tidak bisa memasukkan kartu ke mesin ATM. Biasanya pelaku akan mengganjal mesin ATM dengan ganjalan tusuk gigi. 

Pelaku lain antre di belakang calon korban 

Saat menghadapi masalah dengan mesin ATM, pelaku yang berpura-pura mengantri di belakang korban mungkin akan menawarkan bantuan. Mereka akan mengarahkan korban untuk menghubungi call center bank palsu.

BACA JUGA: Cek Seberapa Kacaunya Mental Health-mu di Link Tes Kesehatan Mental Gratis ini!

BACA JUGA: 3 Tes Kesehatan Mental Online untuk Mengetahui Apakah Mentalmu Bermasalah atau Tidak

Ketika korban dalam keadaan panik, fokusnya akan teralihkan dari mesin ATM yang sebenarnya. Pada saat itulah pelaku akan mencuri kartu ATM korban.

Menukar kartu korban 

Cara kerja ganjal ATM yang berikutnya adalah dengan menukar kartu kobran. Setelah kartu ATM korban keluar dari mesin, pelaku kedua akan maju dengan modus pura-pura membantu. Mereka membawa kartu yang serupa dengan kartu korban, termasuk warna yang sama.

Dengan cepat, pelaku akan menukar kartu ATM korban dengan kartu yang mereka bawa. Korban tidak menyadari bahwa kartu ATM-nya telah diganti oleh pelaku dalam modus ganjal ATM.

Ketika korban mencoba memasukkan kembali kartunya, PIN yang dimasukkan tidak cocok. Jika korban mencoba memasukkan PIN yang salah sebanyak tiga kali, kartu ATM tersebut akan secara otomatis terblokir. 

Lalu, ketika korban mengurus permasalahn tersbeut ke kantor Bank, uang yang ada di ATM akan diraup habis oleh si pelaku ganjal ATM. 

Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati ketika akan melakukan transaksi di mesin ATM. Jangan coba-coba memberikan kartu ATM kamu kepada siapapun. Jika terjadi permasalahan, kamu bisa lekas melaporkannya pada pihak Bank. 

Nah, itulah mengenai cara kerja ganjal ATM yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat membantumu, dan tetap berhati-hati. (ipa)

Berita Terkait