Lifestyle

4 Tips Praktis Mengendalikan Amarah yang Layak Kamu Coba Terapkan

4 Tips Praktis Mengendalikan Amarah yang Layak Kamu Coba Terapkan
4 Tips Praktis Mengendalikan Amarah yang Layak Kamu Coba Terapkan (Image From: Pexels/Andrea Piacquadio)

PASUNDAN EKSPRES - Tips praktis mengendalikan amarah yang bsa kamu coba terapkan dalam hidup kamu. Semua manusia memiliki emosi yang beragam, seperti emosi sedih, emosi bahagia, dan sampai emosi amarah.

Kemarahan menjadi sebuah perasaan yang dominan secara perilaku, kognitif, ataupun fisiologi ketika seseorang menciptakan pilihan sadar untuk mengambil sebuah tindakan dalam menghentikan secara langsung ancaman dari pihak luar. 

Banyak alasan mengapa kemarahan seringkali mencuat, misalnya adalah dengan adanya sejumlah emosi yang tertahan.

Terkadang kemarahan yang berlebihan juga tidak baik dipertahankan. Meluapkan kemarahan bisa merigukan orang lain dan diri sendiri. Oleh karena itu, pentingnya mengendalikan kemarahan yang sedang kamu rasakan. 

Nah, di sini terdapat beberapa tips praktis mengendalikan amarah yang bisa kamu coba terapkan dalam hidup kamu. Kira-kira apa saja tipsnya? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini. 

Tips Praktis Mengendalikan Amarah 

Berikut adalah beberapa tips praktis mengendalikan amarah yang dilansir dari Instagram @psikologid, Rabu, (6/5/2024). 

Memahami Perasaan Diri Sendiri

Tips praktis mengendalikan amarah yang pertama adalah memahami perasaan diri sendiri yang mungkin kedengarannya sepele, tapi sebenarnya tips tersebut sangat penting. Banyak dari kita yang belum mengenali apa yang sedang kita rasakan.

Kamu bisa memulai dengan memperhatikan perasaanmu setiap harinya, dan katakan apa yang sedang kamu rasakan.

Misalnya kamu sedang merasakan sedih, kamu bisa mengatakan, "saya sedang merasakan sedih," atau jika kamu sedang marah, kamu bisa mengatakan, "saya sedang merasakan marah". 

Mencari Akar Permasalahan 

Tips praktis berikutnya adalah dengan mencari akar permasalahan. Setiap perilaku dan emosi tentunya memiliki alasan dan penyebabnya sendiri.

BACA JUGA: Libur Panjang Hampir di Depan Mata Tapi Bingung Mau Kemana? Tenang 10 Rekomendasi Taman & Objek Wisata Alam di Jawa Barat Ini Bisa Jadi Solusi

BACA JUGA: Rekomendasi 4 Acne Patch Karakter Lucu dan Gemas, Cocok Buat Samarkan Jerawat dengan Cara Unik

Dalam menemukan jalan keluarnya, kamu perlu mencari yang namanya akar permasalahan atau sumber masalah. Kamu bisa menuliskan emosi dan pemikiran yang mengganggu agar kamu bisa menjadi lebih rasional dan jelas.

Mengevaluasi Kemarahanmu

Tips praktis mengendalikan amarah yang berikutnya adalah mengevaluasi kemarahanmu.

Jika kamu sudah menuliskan apa yang kamu rasakan, kamu bisa mencoba untuk menantang pikiran kamu sendiri dengan mengajukan beragam pertanyaan yang bisa membuatmu merenung.

Misalnya dengan pertanyaan, "apa yang sebenarnya aku inginkan?", atau, "bagaimana cara aku agar bisa mencapai keinginanku?" 

Mengambil Jarak atas Emosi dan Pikiran Kita 

Tips berikutnya adalah dengan mencoba mengambil jarak atas emosi dan pikiran kita. Amarah bukanlah sebuah pikiran atau perasaan kita, mereka merupakan tamu yang kadang singgah, dan tentunya perlu kita sambut dengan baik.

Entah itu adalah emosi atau pikiran yang tidak produktif, semuanya pasti bisa berlalu. Tapi, ketika kamu tidak mengenalinya, maka hal tersebut bisa menetap lebih lama lagi. 

Nah, itulah mengenai beberapa tips praktis mengendalikan amarah. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait