Nasional

Makna Gerakan Tari Rangkuk Alu yang Dijadikan Tema Google sebagai Perayaan Hari Tari Dunia

Makna Gerakan Tari Rangkuk Alu yang Dijadikan Tema Google sebagai Perayaan Hari Tari Dunia
Makna Gerakan Tari Rangkuk Alu yang Dijadikan Tema Google sebagai Perayaan Hari Tari Dunia (Image From: Berita Flores)

PASUNDAN EKSPRES - Makna gerakan Tari Rangkuk Alu bisa kamu temukan di sini. Tari Rangkuk Ulu adalah sebuah tarian yang berasal dari Manggarai, NTT, Indonesia.

Google Doodle telah menjadikan Tari Rangkuk Ulu sebagai tema untuk merayakan Hari Tari Internasional yang jatuh pada tanggl 29 April.

Tari Rangkuk Alu berasal dari sebuah permainan tradisional yang mengandalkan sebuah bambu yang dimainkan dengan cara diapit dan diayunkan oleh beberapa orang. Tari Rangkuk Alu ini, dulunya ditampilkan sebagai bentuk rasa syukur dan bahagia saat panen raya dan bulan purnama.

Makna Gerakan Tari Rangkuk Alu

Dalam tarian Rangkuk Alu ini, pemain akan melompat-lompat untuk menghindari bambu yang bergerak seperti akan menjepit kaki para pemain. Ketika pemain melompat untuk menghindari bambu, pemain seolah melakukan tarian.

Tidak hanya mengikuti gerakan bambu, tapi para pemain akan menyelaraskan gerakannya dengan alunan musik tradisional yang menggema, seperti alunan gong dan gendang, serta diiringi nyanyian lagu daerah. 

Pada saat pertunjukan Tari Rangkuk Alu, remaja laki-laki dan perempuan akan tampil sebagai penari.

Mereka menggunakan pakaian adat, termasuk ikat kepala, baju bero, dan kain songket khas Manggarai. Tarian ini biasanya melibatkan 6-8 orang yang memegang bambu dan beberapa penari yang menari secara bergantian.

BACA JUGA: Catat! Daftar Hari Besar Mei 2024, Lengkap dengan Hari Besar Nasional dan Internasional

BACA JUGA: Tari Rangkuk Ulu yang Memenuhi Tampilan Google Hari ini, sebagai Bentuk Perayaan Hari Tari Internasional

Para pemain Tari Rangkuk Alu yang bertugas melompati bambu secara bergantian mendapatkan giliran untuk bermain.

Mereka berada di area yang telah ditandai dengan bidang persegi dan mereka akan melompat sesuai dengan irama ketukan buka-tutup bambu, sambil berupaya untuk menghindarinya.

Dalam permainan ini, biasanya para pemain akan menyanyikan lagu seperti Ampar-ampar Pisang atau Anak Kambing Saya sambil bermain. Baik para pemain yang mengontrol bambu maupun para pemain yang melompat-lompat, mereka bersama-sama menyanyikan lagu tersebut.

Alat yang diperlukan untuk permainan ini adalah empat buah bambu dengan panjang sekitar dua meter.

Makna gerakan Tari Rangkuk Ulu yaitu sebagai bentuk latihan kelincahan penari yang membutuhkan ketepatan dalam bertindak. Selain itu, masyarakat setempat menganggap bahwa tarian ini mengandung nilai-nilai filosofis dan spiritual di dalamnya. 

Nah, itulah mengenai makna gerakan Tari Rangkuk Ulu yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait