Nasional

Apa Saja Tugas dan Kewenangan Presiden?

Apa Saja Tugas dan Kewenangan Presiden?
(dok.instagram/prabowo)

PASUNDAN EKSPRES - Sebagai orang nomor 1 di Indonesia apa saja, sih tugas dan kewenangan Presiden? Seperti yang diketahui, Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial. Peran Presiden di negara kita ada 2. Selain sebagai Kepala Negara juga sebagai Kepala Pemerintahan. 

Jika Presiden sebagai Kepala Negara itu sifatnya sebagai simbol. Oleh sebab itu, kehadiran Presiden dibutuhkan dalam upacara kenegaraan, melantik duta besar, menandatangani perjanjian internasional, atau mewakili Indonesia dalam hubungan diplomatik. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Apresiasi Kehadiran Pusat Riset Genomik Pertanian di Humbang Hasundutan

Jika Presiden sebagai Kepala Pemerintahan, fungsinya menjalankan pemerintahan.Di sini Presiden dituntut mengelola negara lewat pengambilan berbagai keputusan. 

Jadi, Presiden sebagai Kepala Pemerintahan bertugas untuk menyusun anggaran bersama DPR, memilih, mengangkat, memberhentikan menteri-menteri, menetapkan Hakim-Hakim Mahkamah Konstitusi, dan memegang kekuasaan tertinggi Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. 

BACA JUGA:Kemenkes Luncurkan SATUSEHAT Logistik untuk Monitoring Distribusi Vaksin dan Obat-Obatan

Ada fakta lain yang juga perlu kamu ketahui yaitu,  sistem pemerintahan negara di dunia itu berbeda-beda. Di luar sana ada sistem Monarki/Kerajaan. Ketika kepala negara dan kepala pemerintahan dipimpin oleh Raja/Ratu. 

Ada juga sistem Parlementer, ketika Presiden hanya menjadi simbol Kepala Negara. Sedangkan yang menjalankan fungsi Kepala Pemerintahan adalah Perdana Menteri. 

BACA JUGA:Kemenag Perkuat Skema Murur dan Siapkan Tanazul untuk Haji 2025

Sementara itu, beberapa negara mengkombinasikan sistem Pemerintahan seperti Perancis, Rusia, dan Portugal yang menggunakan sistem Semi Presidensial. Atau ada juga sistem Monarki Konstitusional seperti di Inggris, Swedia, dan Spanyol. 

Namun,  yang jelas  adalah sistem pemerintahan itu berbeda-beda karena menyesuaikan dengan latar belakang dan nilai-nilai yang dipegang masing-masing negara. (nym) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua