Nasional

Akibat Gempa Pangandaran, 1 Rumah Ambruk di Sukabumi

Gempa dengan kekuatan 5,5 Magnitudo yang terjadi pada Kamis, 28/12/2023 pukul 05.43 WIB ternyata menyebabkan 1 rumah ambruk di Kabupaten Sukabumi. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Gempa dengan kekuatan 5,5 Magnitudo yang terjadi pada Kamis, 28/12/2023 pukul 05.43 WIB ternyata menyebabkan 1 rumah ambruk di Kabupaten Sukabumi. 

Dari data yang telah kami dapatkan, gempa tersebut berpusat 80 km barat daya Kabupaten Pangandran dengan titik koordinat 8,11 Lintang Selatan (LS) serta 107,89 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 14km pusat laut. 

Sandra Fitria, petugas Pusat Pemantauan Operasi dan Pemulihan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, mengungkapkan bahwa gempa di Kabupaten Pangandaran menyebabkan kerusakan pada satu rumah, mulai dari retak hingga ambruk.

“Rumah yang dihuni oleh ibu ipit (56) terjadi retak retak di waktu setelah gempa pada pagi hari, tidak lama kemudian pada (sore) pukul 17:30 dinding rumah bagian kamar dan tengah rumah ambruk,” ujar Sandra

Rumah tersebut adalah milik ibu Ipit dan berlokasi di Kampung Cisayar, Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa atau luka luka, untuk sementara rumah dikosongkan dan keluarga yang terdampak mengungsi ke rumah saudaranya,” jelasnya.

Berita Terkait