Nasional

Persiapan Debat Pilpres Ketiga Dari Capres Anies, Prabowo dan Ganjar

Debat ketiga akan dilaksanakn pada Hari Minggu, (7/1/2024) dengan tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Debat ketiga akan dilaksanakn pada Hari Minggu, (7/1/2024) dengan tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat ketiga ini juga akan dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta. 

Lantas, seperti apa persiaapn dari ketiga Capres untuk debat ketiga ini? 

Persiapan Capres 1 Anies Baswedan 

Tim Pemenangan paslon nomor satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin) ungkap persiapan untuk debat capres ketiga Pilpres 2024. 

Jubir Timnas AMIN, Bily David mengatakan bahwa Anies sudah sangat siap 100%, meski tema debatnya sangat berat terkait pemerintahan. 

“Pak Anies siap 100% menghadapi debat ketiga. Kampanye di lapangan menyapa pendukung tetap akan jadi prioritas seminggu ke depan. Selain menyiapkan kondisi fisik dan mental,” kata Bily David kepada wartawan.

“Jadi secara gagasan dan ide sudah siap, selain nanti ditambahkan dengan data, kritik ataupun kejutan-kejutan lain. Ide gagasan ini juga sudah diuji melalui keteribatan publik dan expert yang digagas tim formulasi kebijakan,” ujarnya.

Persiapan Capres 2 Prabowo Subianto 

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyampaikan bahwa capres nomor urut 2 Prabowo subianto tidak ada persiapan khusus jelang debat capres ketiga Pilpres 2024. 

"Untuk debat capres beliau ini kan memang orangnya kan senang membaca ya. Saya dampingi beliau itu kalau beliau pergi itu malah ke toko buku. Waktu beliau di luar negeri, mintanya ke toko buku," kata Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani di Jakarta

"Saya bicara sama beliau, beliau lebih hanya refresh aja lagi. Jadi tidak ada persiapan khusus," tambahnya.

Namun, Rosan Roeslani mengatakan kegiatan Prabowo kali ini hanya membaca buku-bukunya, ia juga menegaskan tidak ada persiapan khusus jelang debat ketiga kali ini. 

"Tapi beliau menyampaikan ke saya, ya akan baca lagi buku-buku beliau lagi. Kemudian brainstorming lah seperti itu, jadi tidak ada persiapan khusus," ujarnya.

"Tapi memang beliau lebih akan refresh lagi, baca-baca lagi, lebih banyak buku beliau, terutama menyangkut topik berhubungan dengan pertahanan, geopolitik, hubungan internasional, dan yang lainnya," sambung Rosan.

Persiapan Capres 3 Ganjar Pranowo 

Ganjar Pranowo mengatakan secara langsung bahwa ia telah mendapatkan masukan dari Tim Pemenangan nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menjelang debat ketiga Pilpres 2024. 

"Ada masukan terkait dengan itu (persiapan debat capres)," kata Ganjar di gedung High End, Jakarta Pusat

Meskipun begitu, Ganjar tidak menjelaskan secara rinci apa masukan tersebut. Masukan tersebut disampaikan ketika rapat rutin yang dihadiri oleh Ketua Umum Partai Politik (Parpol) Ganjar-Mahfud. 

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, yakin Ganjar sangat siap menghadapi debat pada 7 Januari mendatang.

Bahkan semua elemen dalam jajaran TPN ganjar-Mahfud telah memberi masukan kepada Ganjar, meskipun Ganjar telah siap menghadapi debat Capres 2024. 

"Mas Ganjar bilang sudah siap. Tapi, kita tetap memberikan masukan," tutur dia.

Berita Terkait