News

Koramil 0512/Cijambe Bersama Warga Gelar Karya Bakti Pembuatan Jalan Usaha Tani

Koramil 0512/Cijambe Bersama Warga Gelar Karya Bakti Pembuatan Jalan Usaha Tani
Koramil 0512/Cijambe Bersama Warga Gelar Karya Bakti Pembuatan Jalan Usaha Tani

SUBANG –Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79, Koramil 0512/Cijambe bersama masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti pembuatan jalan usaha tani di Kampung Rancamedang, RT 13/04, Desa Bojongloa, Kecamatan Kasomalang, Subang. 

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, (24/9), dengan melibatkan tidak hanya pihak TNI, tetapi juga warga serta pegawai pemerintahan setempat.

Kapten Inf Tono Harsono, Danramil Cijambe menjelaskan, jalan usaha tani yang sedang dibangun ini diharapkan dapat menjadi jalan alternatif yang mempermudah akses bagi para petani dalam mengangkut hasil tani mereka. Terutama, jalan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Bojongloa yang dikenal sebagai daerah penghasil nanas. 

"Jadi ini sebetulnya yang sedang kita Karya Baktikan, dikerjakan oleh masyarakat, merupakan jalan alternatif jalan usaha tani yang ke depannya kita harapkan bisa menjadi jalan yang akan kita gunakan untuk mengangkut hasil produksi warga Bojongloa, terutama daerah ini, daerah penghasil nanas," jelas Kapten Tono.

Dia juga menambahkan, jalan tersebut nantinya akan menghubungkan tiga desa, yakni Desa Bojongloa, Desa Kasomalang Wetan, dan Desa Kumpay. Setelah proses pengecoran selesai, diharapkan jalan ini aman dan layak untuk digunakan oleh masyarakat setempat.

Camat Kasomalang, Drs. Tatang Saepuloh, M.Si., yang di wakili oleh Kasi Trantib MP Ipa, turut mengapresiasi karya bakti yang dilakukan oleh Koramil 0512/Cijambe. Dalam pernyataannya, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Danramil dan anggotanya yang telah berkolaborasi dengan warga dalam kegiatan bakti ini.

"Kami sangat berterima kasih kepada Danramil beserta anggotanya atas kerja keras mereka dalam kegiatan bakti ini. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi warga Kecamatan Kasomalang, khususnya di Desa Bojongloa, untuk terus menjaga semangat gotong royong," ujar Ipa.

Menurutnya, perbaikan akses jalan ini akan sangat membantu para petani di daerah tersebut dalam mengangkut hasil panen mereka, terutama karena jalan tersebut berpotensi menjadi jalur utama distribusi hasil tani, seperti nanas, yang menjadi komoditas utama Desa Bojongloa.

Kepala Desa Bojongloa, Wahlin Wagianto, turut hadir dalam kegiatan tersebut dan menyampaikan harapannya agar pembangunan jalan ini dapat terus berlanjut dengan dukungan dari berbagai pihak. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan bakti sosial ini, termasuk Danramil Cijambe dan Camat Kasomalang.

"Alhamdulillah, pada pagi ini kita bersama-sama langsung turun ke lapangan dalam rangka kerja bakti untuk membantu terutama akses jalan pertanian, khususnya di Kampung Rancamedang, Desa Bojongloa. Kami sangat berterima kasih kepada Danramil dan Camat Kasomalang yang sudah berpartisipasi, serta kepada warga masyarakat Kampung Rancamedang yang ikut bergotong royong," ucap Wahlin.

Lebih lanjut, Wahlin berharap agar ada solusi jangka panjang untuk memperbaiki jalan yang mengarah ke Kasomalang Wetan, mengingat jalur tersebut beberapa kali mengalami longsor. Ia berharap jalan ini bisa menghubungkan tiga desa, yakni Desa Kasomalang Wetan, Desa Kumpay, dan Desa Bojongloa, agar akses transportasi dan distribusi hasil pertanian menjadi lebih lancar.

"Harapan kami ke depannya adalah agar jalan ini bisa benar-benar menghubungkan tiga desa, yaitu Desa Kasomalang Wetan, Desa Kumpay, dan Desa Bojongloa. Kami juga berharap ada solusi dari semua pihak, terutama pemerintah dan stakeholder lainnya, untuk membantu memperbaiki jalan ini demi kemaslahatan masyarakat," tambah Wahlin.(hdi)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua