News

Ini Dia Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

mudik
Ini Dia Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Prediksi Puncak Arus Mudik yang diperkirakana akan terjadi pada H-2 Lebaran atau jatuh pada Senin, 8 April 2024. 

Hal tersebut telah diprediksi oleh Kemenhub, bahkan ada akan 26,2 orang yang akan melakukan mudik pada hari Senin. 

Sedangkan untuk H-4 yang jatuh pada Sabtu, 6 April 2024, akan ada 11,98 orang yang melakukan mudik lebaran. 

Untuk Arus baliknya sendiri akan terjadi pada tanggal 14 April atau H+3 lebaran 2024 dengan 40,99 juta orang yang akan memasuki Jakarta dan menjadi puncak arus balik. 

BACA JUGA:Lokasi Titik Rawan Macet Selama Libur Lebaran di Kota Bandung 2024

Mudik lebaran merupakan salah satu hal yang sudah menjadi tradisi disetiap tahunnya, terlebih Indonesia merupakan Negara dengan Mayoritas Agama Islam ternbesar. 

Dalam hal ini Pemerintah telah melakukan roadshow ke beberapa tempat seperti Jabar, Jateng serta bekerja sama dengan Kapolres, Dandim, Kadishub untuk mengamati lalu lintas agar aman lancar. 

Selain itu, Diskon tarif tol juga saat ini telah berlaku bagi Trans Jawa dan Trans Sumatra, untuk lengkapnya bisa membaca berita Diskon Tarif Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra Berlaku Mulai Hari ini, Cek Rinciannya!.

Selain kemudahan tarif tol yang sudah mulai diberlakukan hari ini, akan akan rekayasa lalu lintas contraflow yang akan mulai diberlakukan pada 5-11 April 2024.

BACA JUGA:Jadwal Pemberangkatan Mudik Gratis 2024 Pemprov DKI Jakarta, Cek Di Sini!

Rekayasa lalu lintas contraflow arus mudik ajab terjadi di KM 36 dan KM 72 , sedangkan untuk arus baliknya akan ada di KM 72 dan KM 36. 

Selain dari hal yang telah dipersiapkan oleh pemerintah, pemudik juga harus bisa memperhatikan keselamatannya sendiri. 

Dengan tidak membawa barang yang terlalu banyaik, kendaraan yang aman dan nyaman. Jangan lupa jika lelah istirahat di rest area yang telah disediakan. 

Terimakasih telah membaca! 

Berita Terkait