News

Bisa Usung Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Subang, NasDem dan PKB Gercep Bangun Koalisi

Pilkada Subang
KOALISI: Ketua DPD NasDem, Eep Hidayat dan Ketua PKB Subang Zainal Mutaqin menunjukkan dokumen kerja sama politik dalam Pilkada Subang. CINDY DESITA/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Tidak sampai satu bulan setelah melakukan pertemuan tertutup, partai NasDem dan PKB Subang secara terbuka mengumumkan ke publik bahwa keduanya sepakat menjalin koalisi dalam Pilkada Subang. Langkah politik NasDem dan PKB  membangun koalisi ini lebih cepat dibandingkan dengan partai lain.

NasDem dan PKB merupakan partai 'papan tengah' peraih kursi pada Pileg 2024. NasDem meraih 7 kursi, sementara PKB 6 kursi. Ditotalkan ada 13 kursi.

Dua partai yang telah 'kawin' ini sudah memenuhi syarat mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati. Diketahui, syarat minimal mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati sebanyak 10 kursi.

Ketua DPD NasDem, Eep Hidayat menyatakan, koalisi ini merupakan bentuk kemantapan kedua partai dalam memperkuat posisi politik mereka menjelang Pilkada. 

"Alhamdulillah, kita baru saja mendeklarasikan koalisi sekaligus kerjasama politik. Kerjasama antara NasDem dan PKB ini tidak lain adalah bentuk persiapan untuk Pilkada," ungkapnya pada Rabu (5/6).

Eep mengatakan, kerjasama ini mencatatkan sejarah baru bagi kedua partai. Sebelumnya kedua partai belum pernah berkoalisi dalam Pilkada di Kabupaten Subang. 

"Kita sudah sama-sama sepakat untuk menjalin kerja sama. Terkait calon yang akan diusung, masih dalam tahap diskusi masing-masing. NasDem membawa beberapa nama usulan, begitu juga dengan PKB," terangnya.

Ketua DPC PKB Subang, Zainal Mutaqin menegaskan, kerjasama politik ini adalah bentuk keseriusan kedua partai untuk berkolaborasi dalam mengusung calon kepala daerah terbaik. 

"Kerja sama ini terjalin karena niatan bersama, adanya kecocokan, dan kebersamaan. Kita bertemu langsung, dan kita memiliki kesamaan pandangan. Untuk itu, tidak ada yang lebih duluan atau yang belakangan," jelasnya.

Zainal menyatakan, PKB melihat adanya persamaan persepsi dan tujuan yang sama dalam menjalin kerja sama politik dengan NasDem. 

"Harapan kami nantinya, kerja sama ini bukan hanya untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Subang, tetapi juga seluruh komponen yang ada," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, elit PKB dan NasDem melakukan pertemuan untuk membahas koalisi, pada Senin (20/5). Ketua Desk Pilkada DPC PKB Subang Jaka Septiya Arizona menyebut, DPC PKB Subang yang dipimpin langsung ketua DPC PKB Subang Zaenal Mutaqin telah melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua DPD NasDem Subang Eep Hidayat di Kediaman Eep di Jalan Sompi, Subang.

Jaka menerangkan, pertemuan dua elit PKB dan NasDem ini merupakan silaturahmi politik membahas isu-isu terbaru Kabupaten Subang menjelang Pilkada 2024.

Namun demikian Jaka enggan memberikan penjelasan apakah pertemuan tersebut merupakan upaya kedua parpol membangun kerjasama dalam sebuah koalisi menuju di Pilkada 2024 atau hal lainnya.

"Karena pertemuan ini sifatnya tertutup jadi mengenai apa dan bagaimana hasil pertemuan belum bisa disampaikan sekarang," ujar dia.

Selain itu, Jaka menambahkan PKB Subang tetap terbuka membangun komunikasi dengan parpol lain menuju Pilkada 2024.

"Kalau silaturahmi dengan partai manapun kita terbuka, utamanya membahas terkait gagasan untuk Kabupaten Subang kedepan, jadi momen Pilkada ini harus jadi momen bersama untuk kemaslahatan dan kesejahteraan rakyat, itu yang paling utama," pungkasnya.(cdp/ysp)

 

 

Berita Terkait