News

Nutrisionis Puskesmas Sukarahayu Bagikan Tips Sehat Saat Puasa

Nutrisionis Puskesmas
Nutrisionis Puskesmas Sukarahayu, Sari Waryanti, S.ST dan Yasyfa S. Hasya, S.Tr.Gz. MUHAMMAD FAISHAL/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Puasa merupakan suatu ibadah wajib bagi umat Islam pada saat bulan Ramadan. Meskipun demikian, hal tersebut tentu tidak boleh membuat kita menjadi tidak produktif.

Oleh sebab itu, agar tetap produktif tentu kita harus menjaga kebugaran dan kesehatan kita sehingga dapat menjalankan aktivitas dengan lancar di bulan Ramadan.

Nutrisionis Puskesmas Sukarahayu Sari Waryanti, S.ST dan Yasyfa S. Hasya, S.Tr.Gz. membagikan beberapa tips bagaimana untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saat bulan Ramadan. 

Sari mengatakan, hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu pada saat sahur untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. 

"Makanan tersebut meliputi sumber karbohidrat dan dianjurkan yang kompleks, sumber protein, sumber vitamin dan mineral," ucapnya. 

Ia mengatakan, ada beberapa makanan yang harus dihindari pada saat sahur. "Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari pada saat sahur. Antara lain teh, kopi, sumber karbohidrat yang melewati proses pengolahan yang terlalu banyak, makanan dan minuman tinggi gula, serta makanan yang digoreng," ucapnya.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan agar tetap sehat saat Ramadan adalah kebutuhan cairan tubuh. 

"Untuk mempermudah, dapat mengikuti anjuran 2-4-2 (2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur)," ucapnya.

Setelah itu, Ia menganjurkan untuk mengonsumsi makanan secukupnya pada saat berbuka puasa.

"Pada saat berbuka sebaiknya mengonsumsi makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengonsumsi air minum dan sedikit makanan manis, contohnya 3 butir buah kurma," ucapnya.

Selanjutnya, mengingat pola tidur saat bulan Ramadan tidak seperti basanya, Yasyfa menghimbau agar tidak mengonsumsi minuman yang berdampak pada pola tidur. 

"Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, juga minuman soda, karena akan berdampak terhadap pola tidur dan berpotensi menimbun lemak serta gula," ucapnya.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, Yasyfa juga menyarankan untuk berolahraga saat Ramadan. "Baiknya melaksanakan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari untuk menjaga kebugaran tubuh," ucapnya.

Terakhir, Ia juga menyarankan agar menjaga pola tidur dengan menghindari tidur larut malam, sebab harus melakukan sahur serta beraktivitas seperti bekerja dan sekolah di pagi harinya.(fsh/ysp)

Berita Terkait