News

Pasar Rakyat Sukamelang Tercatat Sebagai Aset Milik Pemda Subang

Pasar Rakyat Sukamelang
PASAR SEPI: Keadaan Pasar Rakyat Sukamelang yang nampak sepi.MUHAMMAD FAISHAL/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Kabid Aset BKAD Subang Charles F. Jayadi mengatakan, bangunan beserta tanah dari Pasar Rakyat Sukamelang merupakan milik Pemda.

"Betul, berdasarkan pencatatan status tanah tersebut milik Pemda Subang sebagai Pasar Rakyat Sukamelang yang dikelola oleh DKUPP," ucapnya kepada Pasundan Ekspres, Rabu (24/7). 

Bendahara Retribusi Bidang Pasar Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Subang, Aang mengatakan, bangunan dari Pasar Rakyat Sukamelang merupakan hasil bantuan dari kementerian. 

"Pasar Rakyat Sukamelang itu memang milik kita (Pemda) bangunannya hasil dari dana bantuan Kementerian, tanah juga milik kita," ucapnya. 

Ia menjelaskan, Pasar Rakyat Sukamelang sempat ramai pasca pemindahan pedagang dari pasar lain, namun hal tersebut hanya bertahan beberapa bulan saja. 

"Pasar itu diperuntukkan untuk pedagang Pasar Bioskop Chandra dan Pasar Panjang yang dialihkan, tetapi hanya terisi sekitar tiga bulan saja, setelah itu mereka kembali pindah secara bertahap ke tempat asal," ucapnya. 

Oleh sebab itu, sejak awal pemindahan retribusi dari pasar tersebut tidak masuk ke DKUPP. 

"Dari awal pemindahan pedagang, sampai dengan sekarang retribusinya tidak masuk. Kita ada retribusi masuk dari Pasar Baru Terminal," ucapnya. 

Hal tersebut juga berimbas pada belum adanya renovasi yang dilakukan kepada Pasar Rakyat Sukamelang. Aang mengatakan, saat ini DKUPP lebih fokus kepada Pasar Baru Terminal. 

"Belum ada lagi perbaikan, paling ada pengaspalan jalan dan parkir di depannya setahun setelah pemindahan pedagang. Kita kalau mau perbaikan juga harus lihat pedagangnya dulu. Saat ini kita fokusnya ke pasar yang sebelahnya, Pasar Baru Terminal," ucapnya. 

Dalam pengelolaannya, ia bilang selama ini DKUPP merangkul Ellys Langi yang bertindak sebagai koordinator pedagang di sana. 

"Bu Ellys itu koordinator pedagang. Pada saat itu beliau membantu pemerintah daerah untuk memindahkan para pedagang ke Pasar Rakyat Sukamelang, setelah itu beliau juga mendirikan Koperasi Sauyunan untuk menjadi suatu wadah pedagang di sana," ucapnya. 

Dalam upaya menjaga kebersihan pasar, DKUPP merencanakan untuk melakukan bersih-bersih pasar dengan merangkul Ellys Langi dan staleholder terkait. 

"Rencananya hari Jum'at ini kita akan mengadakan bersih-bersih pasar untuk kebersihan, tidak hanya Pasar Rakyat Sukamelang, tapi pasar yang lainnya juga. Tetapi itu bukan untuk persiapan menampung relokasi atau bagaimana," ucapnya.(fsh/ysp) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua