News

Puluhan Pelajar SMAN 1 Ciasem Belajar Jurnalistik ke Pasundan Ekspres

SMAN 1 Ciasem
Siswa-siswi SMAN 1 Ciasem melakukan kunjungan ke Graha Pena Pasundan Ekspres, salah satu media terbesar di Subang, pada Jum’at (27/9).

SUBANG-Sebanyak 54 pelajar SMAN 1 Ciasem melakukan kunjungan ke Graha Pena Pasundan Ekspres, salah satu media terbesar di Subang, pada Jum’at (27/9).

Kunjungan dari siswa yang tergabung dalam ekskul jurnalistik ini ingin mengetahui seputar kegiatan jurnalistik di Pasundan Ekspres. 

Kunjungan ini dipimpin oleh Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Ciasem Gilang M Yusuf. Kunjungan mereka diterima oleh Pemred Pasundan Ekspres Yusup Suparman. 

Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Ciasem, Gilang M. Yusuf mengungkapkan, kunjungan ini merupakan bagian dari upaya sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang jurnalistik. 

"Pasundan Ekspres merupakan salah satu media besar di Subang. Kami dari ekstrakurikuler jurnalistik merasa penting untuk berkunjung ke sini, agar para siswa dapat melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan berita dan dapat bertanya langsung kepada para ahlinya," ujarnya.

Dalam kunjungan ini, para siswa mendapatkan kesempatan untuk bertanya tentang proses pembuatan berita dari tahap awal hingga akhir, mulai dari pencarian informasi, penulisan berita, hingga berita sampai diterbitkan baik di koran, media online maupun media sosial.

Dengan adanya kesempatan ini, Gilang berharap siswa-siswi SMAN 1 Ciasem dapat menulis berita dengan lebih baik, serta ada di antara mereka yang tertarik untuk lebih mendalami dunia jurnalistik bersama Pasundan Ekspres.

Dalam kesempatan kunjungan ini, Pemimpin Redaksi Pasundan Ekspres, Yusup Suparman, memberikan materi seputar ilmu jurnalistik kepada para siswa. 

Ia menjelaskan, langkah-langkah penting dalam pembuatan berita, mulai dari pengumpulan data lapangan hingga diterbitkan 

Yusup juga memperkenalkan pola kerja redaksi media cetak, online dan media sosial yang cukup kompleks. 

"Dengan adanya kunjungan seperti ini, kami berharap bisa memberikan gambaran yang lebih nyata tentang dunia jurnalistik kepada para siswa. Mereka tidak hanya belajar teori, tetapi juga melihat industri media yang hari-hari menggeluti dunia jurnalistik," katanya.

Sejumlah wartawan Pasundan Ekspres juga berbagai pengalaman kepada siswa-siswi SMAN 1 Ciasem. Cindy Desita dan Jenal Abidin bercerita bagaimana daya juang sebagai wartawan agar mendapatkan berita yang berkualitas dan bermanfaat bagi publik.(cdp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua