News

Pengamat Politik Sebut Tiga Tokoh Berlomba Dapatkan Rekomendasi Gerindra untuk Nyalon Bupati Subang

Pengamat Politik Sebut Aceng Kudus, Ruhimat dan Lukmantias akan berlomba dapatkan rokemendasi Gerindra untuk Nyalon Bupati Subang.
Pengamat Politik Sebut Aceng Kudus, Ruhimat dan Lukmantias akan berlomba dapatkan rokemendasi Gerindra untuk Nyalon Bupati Subang.

SUBANG-Partai Gerindra memiliki posisi tawar yang kuat dalam Pilkada Subang. Pada pemilu 2024, Gerindra memperoleh delapan kursi di DPRD Kabupaten Subang. Selain itu, Gerindra juga berhasil memenangkan Prabowo-Gibran dalam Pilpres.

Dua fakta tersebut membuka peluang Gerindra menang di Pilkada Subang cukap besar. Tak heran, partai ini jadi magnet bagi para bakal calon bupati untuk menjadi kendaraan politiknya maju di Pilkada Subang.

Sedikitnya ada tiga tokoh yang bersaing agar bisa diusung oleh Partai Gerindra di Pilkada Subang. Mereka antara lain Aceng Kudus, Ruhimat dan Lukmantias Amin. 

Aceng Kudus yang juga sebagai Ketua DPC Gerindra Subang sudah terang-terangan siap maju di Pilkada Subang. Ruhimat, setelah sukses memenangkan Prabowo-Gibran di Subang, berpeluang merapat ke Gerindra. Pun dengan Lukmantias Amin, yang berharap bisa diusung oleh Gerindra. 

Pengamat Politik di Kabupaten Subang, Asep Awaludin menyebut, ketiga tokoh tersebut akan berlomba mendapatkan rekomendasi dari Ketum Gerindra Prabowo. 

“Kalau berbicara mengenai Partai Gerindra Subang yang sekarang sudah memiliki delapan kursi, naik dua kursi dari perolehan Pileg sebelumnya, tentu ini menjadi hal menarik. Apalagi kontestasi Pilkada di Kabupaten Subang tentu Gerindra tinggal mencari dua kursi lagi untuk bisa mengusung pasangan bupati dan wakil bupati,” ujarnya kepada Pasundan Ekspres, Rabu (27/3).

Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Subang itu memberikan penilaian terhadap tiga tokoh tersebut. Menurutnya, Aceng Kudus yang saat ini menjabat sebagai Ketua Gerindra Subang sudah berpengalaman menjadi Anggota DPRD.

Artinya, lanjut pria yang biasa disapa Aswal ini, Aceng Kudus secara personal sudah memiliki kapabilitas dan kapasitas sebagai politisi. Ketika pindah dapil pun dalam pileg, Aceng Kudus berhasil kembali duduk sebagai anggota legislatsif.

“Berbicara mengenai rekomendasi siapa yang akan menjadi bupati tentu kalau dari sisi kaderisasi, Aceng Kudus sudah layak sebagai kader Gerindra yang sudah membesarkan Gerindra di Subang. Tentu beliau sudah layak diusung sebagai calon Bupati Subang. Pak Prabowo seharusnya memberikan rekomendasi kalau berbicara stuktural,” jelasnya.

Tetapi, kata Aswal, kalau berbicara kontestasi pemilu di era sekarang yang terbuka, tidak selalu kader partai yang kemudian diusung dalam Pilkada, bisa saja ada tokoh lain yang akan diusung. Dengan catatan tokoh tersebut memiliki kapabilitas, kompetensi dan popularitas.

Ruhimat punya peluang diusung Gerindra. Ruhimat telah membuktikan dirinya mampu sebagai Bupati Subang periode 2018-2023.

“Artinya beliau berhasil tidak tersandung kasus korupsi, karena Subang dikepemimpinan sebelumnya itu terjerat kasus korupsi. Ruhimat sudah membuktikan bahwa beliau adalah orang yang bersih,” kata Aswal.

Bicara soal sisi pembangunan, ia menyebut, Ruhimat belum terlalu menunjukkan kualitas dalam membangun Subang karena adanya pandemi Covid-19. Namun Covid-19 tidak menjadi alasan, karena daerah lain pun sama.

“Namun juga ini yang menarik dari Ruhimat. Beliau sebagai kader PDIP itu keluar dan di Pilpres dengan jelas dan terang-terangan mendukung Prabowo Subianto. Artinya politik beliau sudah bermanufer, berakrobat karena yang tadinya sebagai kader PDIP tidak fatsun,” ungkapnya.

Aksi Ruhimat mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres, kata Aswal bisa jadi pertimbangan Prabowo juga memberikan rekomendasi kepada Ruhimat untuk maju di Pilkada.

Aswal menyebut, tidak menutup kemungkinan Maruarar Sirait akan memperjuangkan Ruhimat agar mendapat rekomendasi dari Prabowo. Sebab, Maruarar Sirait yang ikut mempengaruhi langkah Ruhimat di Pilpres 2024.

“Kalau Ruhimat ingin direkomendasi oleh Gerindra, tentu ini akan berkaitan bagaimana bang Ara memperjuangkan Ruhimat untuk mendapatkan rekom dari pak Prabowo. Nanti kita lihat saja Bang Ara di gerbong Prabowo akan sebagai apa,” katanya.

Selain mengomentari sosok Aceng Kudus dan Ruhimat, Aswal juga mengomentari soal sosok Lukmantias. Dia melihat, Lukmantias selama satu tahun ini sudah mengampanyekan diri untuk bisa ikut kontestasi di Pilkada Subang. 

Berdasarkan pandangannya, Lukmantias belum cukup populer di Subang. Kalau Lukmantias ini diusung oleh Gerindra, mesti kalkulasi dari sisi elektabilitas dan popularitas. Sehingga nanti Lukmantias akan ditekomendasikan oleh Partai Gerindra.

“Kemarin dalam Pilpres, Lukmantias juga menjadi ketua relawan Prabowo di Subang. Sehingga ikut membantu kemenangan Prabowo di Subang. Dan juga sama-sama dia sebagai militer yang katakanlah jika berbicara mengenai jiwa korsa, nah ini mungkin bisa menjadikan alasan Lukmantias bisa dipilih oleh Prabowo untuk mendapatkan rekom dari partai Gerindra, rekomendasi ini kan turunya dari pusat,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua DPC Gerindra Subang Aceng Kudus memastikan akan mencalonkan diri sebagai Bupati Subang pada Pilkada 2024. Wakil Ketua DPRD Subang ini mengklaim tak mampu membendung permintaan pengurus, kader dan simpatisan Gerindra agar dirinya maju sebagai calon Bupati Subang.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai calon Bupati Subang atas permintaan kader, pengurus dan simpatisan. Kepala daerah di Subang pada 2024 harus dari partai Gerindra,” ungkap Aceng Kudus.

Dia yakin, partai besutan Prabowo Subianto ini akan menjadi penguasa di Subang. Dia yakin  Bupati Subang akan berasal dari Partai Gerindra.

“Kita akan menjadi penguasa Kabupaten Subang,” ungkapnya.

Sementara itu, mantan Bupati Subang, Ruhimat digadang-gadang akan maju kembali pada Pilkada Subang. Majunya kembali Ruhimat dalam Pilkada tahun ini belum diketahui melalui kendaran politik mana. 

Namun kabar yang beredar, Ruhimat akan berlabuh di Partai Gerindra karena Ruhimat telah turut serta memenangkan Paslon Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. 

"Kalau partai itu sih belum ada, masalah maju atau tidak di Pilkada saya akan serahkan ke Yang Maha Kuasa apakah saya maju lagi atau tidak. Saya belum terpikirkan," terangnya kepada Pasundan Ekspres beberapa waktu lalu. 

Dalam kesempatan terpisah, Lukmantias mengaku belum memastikan akan didaftarkan oleh partai mana di Pilkada Subang. 

"Kalau secara natural saya berada di sayap partai Gerindra di Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR), tetapi mengenai jatuhnya rekomendasi memang sampai dengan saat ini dari pusat kita belum tahu kepada siapa akan jatuh," ucapnya, Selasa (26/3).

Ia mengungkapkan keinginannya agar dapat maju bersama Gerindra. Menurutnya bahwa saat ini Gerindra telah menjadi primadona setelah kemenangan Prabowo dan perolehan kursi yang meningkat. 

"Sehubungan dengan kemenangan Pak Prabowo dan peningkatan perolehan kursi Partai Gerindra di Subang khususnya, tentu menjadikan Gerindra tambah sexy. Banyak orang yang berkeinginan untuk bisa dapat rekomendasi dari Partai Gerindra," ucapnya. 

Meskipun demikian, ia katakan akan menerima apapun keputusan Gerindra dan dengan siapa dirinya akan berlabuh nanti. Menurutnya yang terpenting adalah dapat menjalan tanggung jawab sesuai amanah jika terpilih nanti.(cdp/fsh/ysp)

Berita Terkait