News

Pembelian Tiket Kereta Api untuk Lebaran 2024 Telah Dibuka

Pembelian Tiket Kereta Api untuk Lebaran 2024 Telah Dibuka
PT KAI (Kereta Api Indonesia) telah membuka layanan pemesanan tiket kereta api untuk Lebaran 2024. (tangkapan layar situs kai.id)

PASUNDAN EKSPRES - PT KAI (Kereta Api Indonesia) telah membuka layanan pemesanan tiket kereta api untuk Lebaran 2024.

Bagi masyarakat yang ingin bepergian ke kampung halaman pada musim mudik Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) telah membuka layanan pemesanan tiket kereta api untuk Lebaran 2024 sejak 15 Februari 2024.

PT KAI menjelaskan penjualan tiket kereta api untuk periode angkutan Lebaran 2024 dimulai sejak H-45 untuk keberangkatan 31 Maret 2024 atau H-10 Lebaran.

Oleh karena itu, pemesanan tiket untuk H-10 Lebaran di tanggal 31 Maret 2024 sudah bisa dipesan sejak hari Kamis, 15 Februari 2024. 

Menurut VP Public KAI Joni Martinus, pihaknya mengingatkan pada masyarakat agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan tiket.

Masyarakat dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket kereta api lainnya.

Kini, KAI telah menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh melalui aplikasi Access by KAI dan website kai.id demi meningkatkan pelayanan kepada penumpang. 

Tujuan KAI menerapkan sistem antrean ini agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat peak season seperti musim Lebaran atau Natal dan Tahun Baru.

“Saat peak season, dimana terjadi kepadatan pemesanan tiket maka calon penumpang akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu, dan disarankan untuk tidak menutup window tersebut agar tetap terhubung dengan sistem,” ucap Joni Martinus dalam keterangannya pada Jumat, 16 Februari 2024.

Oleh karena itu, pemesanan tiket KA terjadi pada peak season seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan lain-lain, maka calon penumpang akan diarahkan ke sistem antrean ketika situs banyak diakses oleh banyak orang.

Diketahui, sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan website kai.id sudah diberlakukan sejak 1 Februari 2024. (inm)

Berita Terkait