News

Era Keemasan Persikas Dimulai, Berjuang Dari Kasta Terendah Sepak Bola

Persikas lolos ke Babak 32 Besar Liga 3 Nasional.
Persikas berhasil masuk ke babak 16 Besar Liga 3 Nasional.

Catat Sejarah Masuk 16 Besar Liga 3 Nasional

SUBANG-Melihat bagaimana perjalanan Persikas hingga sampai di titik saat ini tentunya sangat mengesankan, khususnya untuk masyarakat Subang. Mengingat Persikas telah melalui jalan panjang nan terjal serta waktu yang tidak sebentar.

Pasundan Ekspres mencoba merangkum bagaimana perjalanan 'era keemasan' Persikas di zaman sepak bola modern saat ini. Persikas mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya masuk ke Babak 16 Besar Liga 3 Nasional.  

Penunjukan Dindin ‘Gultom’ Wahyudin sebagai Pelatih 

Persikas Subang telah melalui serangkaian tahapan hingga dapat berada di titik saat ini. Perjalanan mengesankan ini berawal dari penunjukan Dindin ‘Gultom’ Wahyudin sebagai Pelatih Kepala Persikas pada 8 Oktober 2021 untuk menakhodai tim Singa Subang di Liga 3 Seri 2 Jawa Barat 2021-2022. Gultom berkeinginan untuk membuat sejarah untuk persepakbolaan di Kabupaten Subang.

“Saya mohon doa untuk membuat sejarah persepakbolaan di Kabupaten Subang, dengan membawa Persikas Subang lolos di Liga 3 Seri 2 dan masuk ke Seri 1,” kata Gultom, beberapa waktu lalu.

Persikas Lolos ke Liga 3 Seri 1 Jawa Barat 2023 

Pelantikan Gultom sebagai pelatih seakan-akan menjelma menjadi ruh dari Persikas. Gultom berhasil membuat tim asuhannya tampil menakjubkan pada gelaran Liga 3 Seri 2 Jawa Barat 2021-2022.

Pada saat itu, Persikas tergabung dalam Grup C pada Babak 42 Besar Liga 3 Seri 2 Jawa Barat. Berhadapan dengan Persipu, Bandung timur, dan BP Batalyon. Dengan performa gemilangnya, Persikas berhasil melibas tiga pertandingan dengan kemenangan dan lolos ke babak selanjutnya sebagai Juara Grup C.

Pada Babak 24 Besar, Persikas terkumpul di Grup P bersama Young Tigers dan PS Amdesta. Berkat tangan dingin Gultom, Persikas dapat kembali lolos ke babak selanjutnya sebagai Juara Grup P setelah memenangkan seluruh pertandingan pada grup tersebut.

Mulai di Babak 16 Besar, format pertandingan masuk ke fase knockout. Persikas langsung berhadapan dengan Pesik Kuningan. Persikas sukses menghentikan Pesik ke babak selanjutnya setelah memenangkan pertandingan tersebut lewat fase adu penalti.

Persikas terus melaju ke Babak Perempat Final. Pada saat itu, Persikas kembali memenangkan pertandingan pada babak tersebut setelah mengalahkan Roksi dengan skor 2-0.

Persikas kemudian mulai memiliki asa untuk dapat melaju ke babak final Liga 3 Seri 2 Jawa Barat 2021-2022. Benar saja, dengan ambisi Gultom dan anak asuhnya, Persikas sukses lolos ke Babak Final setelah mengalahkan Persipu pada Babak Semifinal.

Persikas pun langsung berhadapan dengan Persindra, namun sayang Persikas harus puas menjadi Runner up Liga 3 Seri 2 Jawa Barat 2021-2022 setelah dikalahkan Persindra lewat adu penalti. Meskipun demikian, masyarakat Subang tetap bangga karena Persikas berhasil lolos ke Liga 3 Seri 1 Jawa Barat 2021-2022.

Persikas Terhenti di Liga 3 Seri 1 Jawa Barat 2022

Pada musim pertamanya di Liga 3 Seri 1 Jawa Barat, Persikas belum menampilkan performa yang baik. Saat itu, Persikas tergabung di Grup C bersama Persekabtas Persika, PSGC, Karawang United, Perses, dan Depok United pada Putaran Pertama Liga 3 Seri 1 Jawa Barat 2022.

Persikas harus puas berada posisi 4 Klasemen Grup C dengan koleksi 4 poin yang dihasilkan dari satu kemenangan, satu seri, dan tiga kekalahan. Dengan hasil tersebut, Persikas harus memupuskan harapannya untuk lolos ke Liga 3 Nasional.

Melaju ke Liga 3 Nasional Pertama Kalinya

Pada musim keduanya di Liga 3 Seri 1 Jawa Barat, Persikas seperti datang dengan aura yang lain. Pada Putaran Pertama, Persikas tergabung dalam Grup B bersama Persipasi, Citeureup Raya, Dejan FC, Persikasi, dan PSB Bogor.

Di laga perdananya, Persikas sukses memulai dengan langkah kanan setelah berhasil menaklukan Citeureup Raya dengan skor 3-1 dan mengoleksi 3 poin pertamanya pada Liga 3 Seri 1 Jawa Barat 2023.

Setelah itu, Persikas langsung menentang Persikasi pada pertandingan kedua pada Putaran Pertama. Lagi-lagi Persikas berhasil memenangkan laga setelah berhasil mengalahkan Persikasi dengan jumlah gol serupa seperti pada laga perdana, 3-1.

Namun, pada pertandingan selanjutnya Persikas harus rela dicukur habis oleh Persipasi dengan skor 1-4. Hasil tersebut, membuat Persikas harus memenangkan dua pertandingan sisa pada Putaran Pertama jika ingin memantapkan diri untuk lolos ke putaran selanjutnya.

Tetapi lagi-lagi Persikas gagal meraih 3 poin ketika harus puas ditahan imbang oleh Dejan FC dengan skor 3-3. Persikas pun melewati dua pertandingan tanpa 3 poin penuh.

Setelah melewati fase-fase sulit, akhir Persikas kembali memenangkan pertandingan setelah sukses melibas PSB dengan skor 3-5. Dengan hasil tersebut Persikas telah mengoleksi 7 poin dan berhak lolos ke Putaran Kedua Babak 8 Besar Liga 3 Seri 1 Jawa Barat 2023 sebagai Runner up, di bawah Persipasi dengan koleksi 12 poin.

Pada Putaran Kedua Babak 8 Besar, Persikas berhasi mengoleksi 3 poin perdana setelah menundukkan PSGC Ciamis dengan skor 3-2. Namun setelah itu, Persikas harus terseok setelah dikalahkan Persika dengan skor tipis 0-1. 

Persikas berada dalam posisi kedua klasemen sementara Grup E, diapit oleh Persika 1951 di posisi pertama dengan selisih satu poin, dan PSGC Ciamis memiliki jumlah poin yang sama dengan Persikas di posisi ketiga dikarenakan kalah head to head dengan Persikas.

Persikas pun terpaksa menggantungkan nasibnya pada pertandingan kontra Persipu untuk dapat lolos ke Babak Semifinal, yang akhirnya Persikas menang dalam pertandingan tersebut dengan skor 3-1. 

Sementara pada pertandingan lainnya di Grup E, tuan rumah Persika Karawang ditumbangkan PSGC dengan skor tipis 2-1. Kemenangan tersebut, menambah poin PSGC menjadi 6. PSGC dan Persikas Subang berhasil lolos masuk ke Semifinal.

Pada Babak Semifinal, Persikas harus berhadapan dengan Depok FC. 'Brace' dari pemain fenomenal Persikas, Ega Nugraha pun membuat Persikas mengalahkan Depok FC dengan skor 2-0 sekaligus membawa timnya melaju ke Babak Final.

Namun sayang, Persikas harus rela finish sebagai Runner up ketika tim berjuluk Singa Subang tersebut dikalahkan Persipasi dengan skor 0-2. Walaupun demikian, Persikas berhasil mencetak sejarah besar untuk Kabupaten Subang dengan lolos ke Liga 3 Nasional untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Selain itu, sayap kanan Persikas, Ega Nugraha melambung namanya setelah meraih predikat Top Skorer Liga 3 Seri 1 Jawa Barat 2023 setelah mencetak 10 gol gemilang bersama Persikas.

Tatap Target Besar Lolos ke Liga 2

Saat ini, Persikas berada dalam perjalanan menuju ambisi besar mereka untuk lolos ke Liga 2. Pada Babak 80 Besar Liga 3 Nasional 2024, Persikas tergabung dalam Grup D bersama Persibangga, Caladium FC, dan PS PTPN III. Dalam fase ini, Persikas bertanding dihadapan publik sendiri.

Persikas dapat memulai campaign dengan mulus setelah mereka berhasil mengalahkan Persibangga pada laga perdana dengan skor 3-1.

Tidak berhenti di sana, Persikas kemudian kembali menang di pertandingan kedua dengan mengalahkan Caladium FC dengan skor 2-5.

Begitu pun dengan pertandingan penutup menentang PS PTPN III, Persikas berhasil menang dengan skor 2-3. Persikas pun lolos ke Babak 32 Besar dengan lancar dengan koleksi poin penuh 9 poin hasil melibas 3 pertandingan grup.

Pada Babak 32, Persikas masuk kedalam Grup 2 bersama Persipasi, Kertanegara Mesra FC, dan PS Siak. 

Ambisi Persikas untuk menang dalam pertandingan tersebut dikendor meskipun kapten mereka Rudi Hidayat harus absen dalam pertandingan setelah dirnya menerima kartu merah pada pertandingan kontra PS PTPN III dan dilarang tampil satu pertandingan, ditambah lagi adanya kecederaan dari beberapa pemain membuat kondisi tim semakin pincang.

Dengan berbagai kesulitan yang dihadapi, Persikas masih bisa menggasak Kartanegara Mesra FC pada partai perdana Babak 32 Besar dengan skor 0-1.

Namun, setelah itu Persikas tidak bisa menahan kekuatan Persipasi dan akhirnya kalah dengan skor 2-1. Hasil tersebut membuat situasi Persikas kian sulit, pasalnya Persikas memiliki jumlah poin serupa dengan Kertanegara Mesra FC, 3 poin. Situasi ini membuat Persikas wajib menang dalam pertandingan pamungkas melawan PS Siak dengan juga bergantung pada hasil pertandingan Kertanegara Mesra FC versus Persipasi.

Persikas pun akhirnya  berhasil lolos ke Babak 16 besar Liga 3 Nasional 2024 setelah berhasil mengalahkan PS Siak dengan skor 2-3 dalam game dramatis. Skor imbang dari pertandingan Kertanegara Mesra FC menentang Persipasi juga memantapkan Persikas berhasil mencetak sejarah dengan lolos ke Babak 16 Besar Liga 3 Nasional untuk pertama kalinya sebagai Runner up grup.

Babak 16 Besar akan dimulai pada 19 Mei hingga 24 Mei 2024 mendatang. Fase ini kembali menggunakan sistem home tournament, Juara dan Runner-up lolos ke babak selanjutnya.

Kita tunggu sejarah baru lainnya dari Persikas Subang!(fsh/ysp)

 

 

 

Berita Terkait