News

Pemda Masih Cari Jalan Tengah untuk Bangun Mall di Subang

Mall Subang
CARI SOLUSI: Sekda Kabupaten Subang, Asep Nuroni (kanan) menyebut, saat ini Pemda tengah mencari jalan terbaik mengenai rencana pembangunan mall. CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Rencana pembangunan Pesona Subang Mall di area Pujasera dan bekas gedung Bioskop Chandra belum mencapai kesepahaman antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Subang dan para pedagang yang sudah ada di Pujasera. 

Hingga saat ini, solusi terbaik yang tidak merugikan salah satu pihak dan tetap mendukung perkembangan ekonomi lokal masih terus dicari.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Subang, Yayat Sudrajat menyampaikan, sampai saat ini pihaknya belum menemukan jalan tengah yang memuaskan semua pihak. 

"Belum ada jalan tengahnya, semua masih proses namun dipastikan saat ini pedagang boleh berjualan di situ," ungkap Yayat saat ditemui Pasundan Ekspres di Pemda Subang, Rabu (29/5).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, Asep Nuroni, menjelaskan, bahwa pihaknya memiliki komitmen untuk membangun dan memajukan Kabupaten Subang secara bersama-sama yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Pembangunan mall tersebut telah lama direncanakan semenjak saya jadi Asda. Untuk pembangunan mall telah diajukan sejak tahun 2011, saat itu tidak tuntas dan tidak ada lanjutan saat ada lelang dengan pola yang lama, saat itu belum ada BUMD," jelasnya.

Asep menambahkan, bahwa kondisi keuangan Kabupaten Subang saat ini sangat rendah. Menurutnya, himbauan Menteri Keuangan kepada pemerintah daerah adalah untuk memanfaatkan dan memaksimalkan aset-aset Pemda yang ada, terutama yang belum optimal, sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Setelah kami data dari berbagai aspek dan aset yang ada di Kabupaten Subang, baik yang bergerak maupun tidak, muncullah data salah satunya komplek Bioskop Chandra," tuturnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, Pemda merasa berkewajiban untuk memanfaatkan aset yang ada untuk meningkatkan PAD. Inilah yang melatarbelakangi rencana pembangunan mall di Pujasera, meskipun sampai saat ini kesepakatan dengan para pedagang existing belum tercapai.

Sebelumnya diberitakan, puluhan pedagang Pasar Pujasera dan pertokoan Subang mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Subang guna menggelar audiensi dengan Anggota Komisi II DPRD pada Senin (27/5). Kedatangan mereka bertujuan untuk membahas rencana pembangunan mall di lokasi Pujasera dan pertokoan.(cdp/ysp)

 

Tag :

Berita Terkait