News

PKM Pagaden Edukasi Lansia Jaga Kesehatan di Usia Senja

Pagaden
Ratusan warga Kecamatan Pagaden saat mengikuti kegiatan Edukasi Lansia di Kecamatan Pagaden yang digelar oleh Dinkea Subang bareng PKM Pagaden, Jumat (5/7).

SUBANG-Dinas kesehatan Kabupaten Subang melalui PKM (Pusat Kesehatan Masyaraka) Pagaden menyelenggarakan kegiatan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas (edukasi lansia) yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Pagaden, Jumat (5/4).

Menurut Kepala PKM Pagaden H. Anang kegiatan edukasi bagi lansia ini  adalah bagian dari Promkes,P2P bareng PKM (Pusat Kesehatan Masyarakat)  Pagaden, dengan tujuan memberikan pemahaman soal menjaga kesehatan di usia lansia agar tetap sehat dan bisa mengurangi resiko penyakit prioritas seperti kolesterol, diabet yang saat ini menjadi momok masyarakat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menstabilkan kondisi kesehatan   seperti olahraga teratur, cukup istirahat, menjaga pola makan dan mengurangi stress.

"Tadi kita ajak para lansia dan kader kesehatan "Senam Lansia", sebagai awal.edukasi bagi Lansia agar terbiasa senam secara teratur," ujarnya.

Selain senam lansia, pihaknya juga melakukan pemeriksaan lab gratis yaitu glukosa,asat urat dan kolesterol bagi para lansia tersebut.

"Lab ini kan biar diketahui hasilnya, dan bagaimana cara mencegahnya atau menstabilkan kadar glukosa, asam urat dan kolesterol dalam tubuh," tuturnya.

Selanjutnya pihaknya mengharapkan melalui edukasi lansia ini, bisa memberikan wawasan terkait pencegahan penyakit prioritas, sehingga para lansia itu bisa menikmati hidup dengan sehat dan nyaman di usia senjanya.

"Tapi itu tadi, pola hidup sehat nya harus diatur, senam, istirahat cukup, pola makan yang baik dan sehat," timpalnya.

200an Peserta yang hadir saat edukasi lansia itu merasa senang, selain mendapat ilmu terkait pola hidup sehat, juga ada doorfrize bagi mereka yang beruntung.

Nara sumber  kegiatan Edukasi Lansia itu,  dari Dinkes Provinsi Jabar. Sementara untuk pemeriksaan lab oleh tim medis PKM Pagaden.(dan)

Berita Terkait