News

Bukan Babi, Macan Tutul Terperangkap Jebakan Babi

Seekor macan tutur terperangkap jebakan babi di Kampung Cikalacas, Desa Sekasari, Kecamatan kalibunder, Kabupaten Sukabumi. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Seekor macan tutur terperangkap jebakan babi di Kampung Cikalacas, Desa Sekasari, Kecamatan kalibunder, Kabupaten Sukabumi. 

Dari Informasi yang kami dapatkan, tertangkapnya macan tutul tersebut pertama kali diketahui oleh warga sejitar yang melihatnya, Rabu, 27 Desember 2023. 

Melalui Kasi Humas Iptu Aah, Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede menjelaskan bahwa evakuasi dilakukan pada pukul 15.00 WIB. Setelah itu, tindakan dilakukan dengan memberikan bius kepada macan tutul tersebut.

“Tim BKSDA Jabar dan penyelamat satwa dari Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Nyalindung, berhasil menyelamatkan macan tutul jantan dengan cara tembak bius,” ujarnya.

Setelah berhasil menumpulkan dan melepaskan macan tutul dari perangkap, petugas selanjutnya melepaskan hewan tersebut dari perangkap babi tersebut.

Setelah proses evakuasi tersebut saat ini macan tutul sedang melakukan pemeriksaan, sebelum dilepas kehabitatnya kucing besar tersebut akan dirawat di PPSC. 

“Setelah pembiusan, dilakukan pemeriksaan fisik oleh tim dokter hewan dari PPSC Nyalindung yang menyatakan bahwa satwa tersebut dalam kondisi sehat,” terangnya.

“Rencananya macan tutul tersebut akan dirawat di PPSC Nyalindung dengan kerjasama dari BKSDA Jabar,” tegasnya.

Berita Terkait