News

69.441 KPM di Kabupaten Subang Terima Dana PKH Tahap I

TERIMA BANTUAN: Keluarga penerima manfaat mengambil dana bantuan program keluarga harapan. YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Puluhan ribu keluarga penerima manfaat menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 1 yang di gelontoran pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial. Bantuan untuk pendidikan, lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas tersebut, membuat para penerima manfaat kegirangan. Pasalnya, bantuan yang ditunggu-tunggu tersebut, diyakini bisa mengatasi finansial akan kebutuhan masyarakat.

Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Kabupaten Subang, Deni Wiryanto mengatakan, kementrian sosial sudah menyalurkan dana untuk bantuan PKH di bulan Januari - Februari 2024. KPM yang terdata untuk mendapatkan bantuan program keluarga harapan tersebut, bisa langsung menarik bantuan melalui PT Pos Indonesia ataupun dengan mekanisme bank lainnya.

"Sudah disalurkan, ada 69.441 KPM yang menerima di bulan Januari - Februari 2024 ini," ujarnya.

Penyaluran dana PKH tersebut, Deni menyatakan, bagi KPM yang tidak memiliki ATM dan buku tabungan untuk menarik dana, maka diarahkan untuk mengambilnya melalui kantor pos.

Ia mengatakan, disalurkannya dana PKH oleh Kementrian Sosial dilakukan secara 4 tahap dalam setahun. Kika melihat data untuk besaran dana PKH mencapai Rp188 miliar pada tahun 2023.

"Dibagi 4 tahap penyaluran dalam setahun. Jumlah bantuan juga lumayan besar untuk Subang, mencapai Rp188 miliar," ujarnya.

Executive Manager PT Pos Indonesia Kantor Cabang Subang, Acep Rudi.S mengatakan, untuk KPM penerima PKH bisa mengambil dana di kantor pos.

Ia menambahkan, untuk memudahkan pengambilan, pihaknya pun mnerjunkan petugas untuk memberikan dana tersebut secara door to door atau melalui mekanisme membagikan kepada KPM di ruang publik.

"Ini bentuk pelayanan kami kepada KPM PKH," ujarnya.

Sementara itu warga Cimerta - Subang Ahmad Husein mengatakan, ia terdaftar menjadi KPM PKH oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial dan mendapatkan bantuan pendidikan.

"Alhamdulillah udah diambil, buat biaya pendidikan anak saya," katanya.(ygo/ery)

Tag :

Berita Terkait