News

POLSUB Gelar PKKMB Diikuti 444 Mahasiswa

Polsub
KEGIATAN PKKMB: Direktur POLSUB, Oyok Yudiyanto ST MT menyematkan tanda peserta kepada peserta PKKMB, Selasa (6/8).

SUBANG-Politeknik Negeri Subang secara resmi menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2024/2025. Pembukaan kegiatan bertemakan “Membangun Sumber Daya Mahasiswa Unggul dengan Penguatan Pendidikan Tinggi melalui Peningkatan Karakter, Pengembangan Potensi Lokal" ini dibuka langsung oleh Direktur POLSUB, Oyok Yudiyanto, S.T., M.T. 

Direktur pun menegaskan kepada seluruh calon Mahasiswa Baru tahun ini untuk mengedepankan peningkatan kompetensi akademik.

PKKMB dengan jargon Menggali Potensi, Mengukir prestasi, dan Menggapai Mimpi tersebut diikuti 444 mahasiswa dari angkatan 2024 dan 1 orang mahasiswa dari angkatan 2023.

Dengan rincian Program Studi D3 Sistem Informasi 64 peserta, D3 Pemeliharaan Mesin 63 peserta, D3 Agroindustri 62 peserta, D3 Keperawatan 128 peserta, D4 Teknologi Produksi Tanaman Pangan 31 peserta, D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak 64 peserta, serta D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur 32 peserta. Semua peserta juga terbagi menjadi 18 kelompok mahasiswa yang dimentori oleh kakak tingkat.

Direktur menegaskan kepada seluruh peserta PKKM POLSUB 2024 bahwa Ketika mereka masuk ke Kampus, mereka secara tidak langsung juga akan melakukan perjalanan akademik yang lebih tinggi untuk memperoleh gelar akademik. Sehingga, focus Utama yang harus dikedepankan adalah kompetensi akademik.

"Kompetensi akademik yang harus kuasai ketika di POLSUB adalah aspek pengetahuan kognitif, ketrampilan, sikap serta karakter dan kepribadian. Itu sangat penting karena semakin tinggi gelar akademik yang diraih, semakin tinggi pula kualitas sikap dan kepribadian yang terbentuk," ungkap Oyok Yudyanto dalam sambutannya.

Dosen Jurusan Teknik Mesin tersebut juga menghimbau kepada para peserta untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti PKKMB selama lima hari kedepan. Menurutnya, kegiatan PKKMB sangatlah bermanfaat untuk memberikan pembekalan, untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan segala sistemnya yang akan dihadapi selama perkuliahan, yang tentunya sangat berbeda dengan kehidupan di masa sekolah menengah.

"Adanya PKKMB juga sekaligus dimaksudkan untuk dapat melatih kerjasama, melatih mental, sarana membangun relasi dengan teman, senior dan dosen serta mengenal budaya kampus yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi selama perkuliahan maupun kelak nanti setelah lulus," tambah bapak asli Bandung tersebut.

Direktur  juga berharap seluruh mahasiswa baru Polioteknik Negeri Subang tahun akademik 2024/2025 tersebut untuk dapat memanfaatkan kesempatan mengikuti PKKMB dengan sebaik-baiknya dan bersungguh-sungguh belajar meraih pendidikan tinggi, serta sekaligus dapat aktif dalam menambah pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi digital secara cerdas, sehingga kelak menjadi insan intelektual yang berwawasan global, kreatif dan inovatif."Tetap junjung tinggi nilai-nilai, jati diri, dan karakter kebangsaan karena kalian semua di sini adalah putera dan puteri terbaik bangsa yang akan menjadi tumpuan perubahan bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia," kata Direktur.

Senada dengan Direktur, Irna Dwi Destiana selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan bahwa dengan adanya PKKMB tersebut, POLSUB diharapkan bisa mencetak insan-insan unggul dan siap membangun bangsa sesuai dengan tema yang diusung tahun 2024.

"Dengan adanya PKKMB, calon mahasiswa tidak hanya beradaptasi dalam hal akademik, mengenal nilai-nilai Kampus, namun juga untuk pembinaan mental dan karakter, serta pengembangan minat dan bakat mahasiswa baru Politeknik Negeri Subang," ujar Ketua Jurusan Pertanian tersebut.(rls/znl/ysp)

Tag :
Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua