Olahraga

Resmi! Guilherme Batata Jadi Pemain Asing Persikas Subang Selanjutnya

Guilherme Batata
Guilherme Batata

SUBANG-Persikas secara resmi mendatangkan pemain asing selanjutnya, Guilherme Batata untuk mengarungi Liga 2 mendatang. 

Hal tersebut diumumkan lewat akun instagram resmi @persikassubang_official pada Sabtu, (28/8) usai laga uji coba menentang FC Bekasi City. 

Dirinya lahir di Uberaba (Minas Gerais), Brazil dengan nama lengkap Guilherme Felipe de Castro pada 2 Mei 1992, yang artinya saat ini ia berusia 32 tahun. 

Batata memiliki tinggi 175 cm dan bermain di posisi gelandang bertahan, serta berkaki dominan kiri. Meskipun demikian, ia juga bisa bermain di posisi lainnya seperti gelandang tengah dan gelandang serang. 

Karir muda sepak bola nya berawal bersama tim dari tim Serie A Brazil Atletico Paranaense. Bakat dan kemampuannya saat itu bahkan membuat dirinya dipanggil ke Timnas Brazil U-17 bersama pemain besar Brazil yang saat ini kita kenali seperti Neymar, Phillipe Coutinho, Casemiro, Allison, dan lainnya untuk mengikuti Piala Dunia U-17 di Nigeria pada tahun 2009. 

Pada ajang tersebut, Batata berhasil mencatatkan 3 kali penampilan dengan mencetak 1 gol. Secara keseluruhan dirinya tampil 6 kali bersama Timnas Brazil U-17. 

Dirinya sempat hijrah dari Paranaense ke tim Campeonato Paulista Série A2 (tingkat kedua dari kejuaraan sepak bola profesional negara bagian São Paulo), União Barbarense sebagai pemain pinjaman pada musim 2012/2013. 

Usai dipinjamkan dari Barbarense, pada pertengahan 2014 Batata melakukan langkah mengejutkan dengan pindah ke Liga Super India bersama NorthEast United sebagai pemain pinjaman dari Atletico Paranaense. 

Bertahan selama 3 bulan saja, dirinya hanya bermain 10 kali dengan mencetak 1 gol bersama NorthEast United, kemudian kembali bersama Atletico Paranaense. 

Pada tahun 2017, dirinya kembalu dilepaskan ke klub Serie B Brazil saat itu, Oeste Futebol Clube. Sayangnya dirinya hanya tampil 8 kali, sehingga dirinya memutuskan untuk mencoba peruntungannya di Eropa dengan ikut berkompetisi di Liga Malta bersama Hamrun Spartans pada pertengahan tahun. 

Guilherme Batata pun menjadi andalan klub berjuluk Tas-sikkina itu dan bermain sebanyak 23 kali dan mencetak 1 gol di musim 2017/2018. 

Usai bersama Hamrun Spartans, dirinya kembali mencoba berkompetisi di India pada musim 2018/2019 dengan memperkuat Gokulam Kerala dan bermaun sebanyak 16 kali. 

Setelah itu, pada tahun 2019 Batata pun memutuskan untuk bergabung bersama PSS Sleman pada kompetisi Liga 1 Indonesia. Ia pun menjadi salah satu pemain andalan tim berjuluk Elang Jawa tersebut di bawah asuhan pelatih Seto Nurdiantoro. 

Kebetulan atau tidak, Guilherme Batata juga pernah bermain bersama salah satu pemain asing Persikas, Yevhen Bokhashvili di PSS Sleman yang saat ini keduanya resmi memperkuat Singa Subang. Bersama PSS Sleman, Batata mencatatkan 30 penampilan dengan mengoleksi sebanyak 2 assist. 

Selesai bersama Elang Jawa, ia kemudian kembali pindah ke klub Indonesia lainnya yaitu Persela Lamongan untuk mengarungi Liga 1 musim 2021/2022. Bersama Persela dirinya berhasik tampil sebanyak 17 kali dengan mengoleksi 2 assist. 
Ia pun kembali mencoba peruntungannya kembali di beberapa negara seperti Uni Emirat Arab bersama Al-Rams SC, Polandia bersama Stal Krasnik, dan terakhir Filipina bersama Maharlika. 

Dirinya akhirnya kembali ke Indonesia untuk memperkuat Persikas Subang pada tahun 2024 bersama kompatriotnya dulu saat di PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili.(fsh/ysp) 

Tag :
Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua