PasundanEkspres - Saat ini, motor matic yang beredar di pasaran umumnya berjenis skuter. Namun, Indonesia pernah memiliki motor bebek matic, meskipun keberadaannya tidak bertahan lama. Kini, pilihan motor matic semakin beragam dengan hadirnya model cruiser 250 cc yang ditawarkan dengan harga kompetitif.
Motor bebek matic pernah diperkenalkan melalui Honda Revo Techno AT pada tahun 2010 dan Yamaha Lexam yang meluncur setahun kemudian. Kehadiran kedua motor ini awalnya ditujukan untuk mengembalikan minat konsumen terhadap motor bebek. Sayangnya, keduanya gagal menarik perhatian para pencinta otomotif di Indonesia dan akhirnya tidak berlanjut.
Kini, segmen motor matic semakin berkembang dengan hadirnya motor cruiser dari QJMotor, yakni SRV 250 AMT. Motor ini dijual dengan harga Rp 59.990.000 dan mengusung desain cruiser yang unik. Salah satu keunggulannya adalah sistem transmisi AMT Triptonic yang mirip dengan girboks manual, tetapi tanpa tuas kopling karena pengoperasiannya dilakukan secara otomatis.
Secara prinsip, sistem ini mirip dengan motor matic atau teknologi Dual Clutch Transmission (DCT) yang digunakan Honda, sehingga pergantian gigi tidak memerlukan penarikan tuas kopling. Dengan fitur AMT ini, pengendara dapat memilih mode berkendara manual atau otomatis hanya dengan menggerakkan jari, memberikan pengalaman berkendara yang lebih praktis.
“QJ melihat bahwa kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa motor matic tidak hanya berbentuk skuter, tetapi juga bisa hadir dalam gaya cruiser. Oleh karena itu, kami mencoba menghadirkan warna baru dengan menawarkan motor bertransmisi otomatis dalam bentuk yang berbeda,” ujar Vice President Branding dan Marketing Communication QJMotor Indonesia, Budi Kurniawan, di Jakarta, Selasa (11/2/2025).
Dari segi dimensi, motor ini memiliki panjang 2.110 mm, lebar 850 mm, dan tinggi 1.100 mm. Joknya memiliki tinggi 700 mm dengan ground clearance 160 mm, membuatnya cukup ramah bagi pengendara dengan tinggi rata-rata di Indonesia.
Untuk dapur pacunya, QJMotor SRV 250 AMT dibekali mesin dua silinder V-twin, 4V SOHC, berpendingin cairan. Secara spesifikasi, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 20,5 kW pada 9.000 rpm serta torsi 23 Nm pada 8.000 rpm. Performa tersebut disalurkan melalui sistem transmisi CVT belt, yang semakin menegaskan karakter motor cruiser modern dengan kenyamanan transmisi otomatis.