Kenali Tiga Jenis Penggerak Roda Belakang Motor: Rantai, Belt, dan Gardan

Kenali Tiga Jenis Penggerak Roda Belakang Motor: Rantai, Belt, dan Gardan
PASUNDAN EKSPRES- Yuk, kita kenalan sama tiga jenis penggerak roda belakang yang sering banget muncul di motor!
Ada rantai (chain) , belt (v-belt) , dan gardan (shaft) , yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri.
Nah, buat kalian yang penasaran, berikut penjelasannya!
1. Rantai (Chain)
BACA JUGA: Sepi Peminat dan Minim Branding, Honda Genio Gagal Curi Hati Konsumen
Jenis penggerak ini sering banget dipakai di motor sport atau bebek, karena mampu mengurangi kehilangan daya hingga 5-10%.
Jadi, lebih efisien karena menyalurkan energi dari mesin ke roda. Tapi, rantai ini cepet banget kotor karena posisinya di luar, jadi kalian harus rajin ngerawat dan bersihin biar tetap prima.
2. Sabuk (V-belt)
Penggerak yang satu ini khas banget sama motor matic. Belt bisa menyalurkan energi lebih halus dan perawatannya minimal, jadi cocok buat yang nggak mau ribet.
BACA JUGA: Daftar Harga Motor Honda Matic Terbaru di 2025
Namun, power loss yang terjadi lebih besar dibandingkan rantai, yaitu bisa sampai 20%. Jadi, meski lebih halus, tenaganya agak berkurang nih.
3. Gardan (Shaft)
Paling jarang ditemui di jalanan biasa karena biasanya hanya dipakai di motor gede seperti BMW R1200 GS.
Meski power loss-nya paling besar, mencapai 30%, kelebihannya adalah suara yang super senyap dan hampir nggak butuh perawatan.
Jadi, gardan ini lebih ke arah kenyamanan, terutama untuk touring jarak jauh.
Nah, udah tau kan perbedaannya? Tinggal sesuaikan aja sama kebutuhan motormu!