Selebriti

Rekomendasi Lagu Iwan Fals Terkenal Paling Kritis, Savage Banget!

Rekomendasi Lagu Iwan Fals Terkenal Paling Kritis, Savage Banget!
Rekomendasi Lagu Iwan Fals Terkenal Paling Kritis, Savage Banget! (Image From: Jawa Pos)

PASUNDAN EKSPRES - Lagu Iwan Fals terkenal paling kritis ini bisa kamu tambahkan sebagai playlist musik andalan kamu. Iwan Fals merupakan musisi legendaris yang terkenal di Indonesia dengan karya-karyanya yang penuh inspiratif.

Lagu Iwan Fals bahkan berisikan tentang cinta, sampai dengan lagu yang bertemakan demonstratif yang kritis. Maka tak heran, kalau Iwan Fals memiliki penggemar dari berbagai kalangan. 

Nah, mengenai lagu Iwan Fals, di sini terdapat beberapa rekomendasi lagu Iwan Fals terkenal paling kritis yang bisa kamu tambahkan ke dalam playlist musik kamu. Kira-kira apa saja, ya? Simak daftarnya di bawah ini. 

Rekomendasi Lagu Iwan Fals Terkenal Paling Kritis

Berikut adalah beberapa rekomendasi lagu Iwan Fals terkenal paling kritis yang bisa kamu dengarkan. 

Bento 

Lagu Iwan Fals terkenal paling kritis yang pertama adalah Bento. Lagu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena lagu ini cukup terkenal, lho.

Lagu yang dirilis pada tahun 1995 ini disebut sebagai lagu pedas dari Iwan Fals yang punya lirik kritik terhadap pemerintahan. Bento sendiri digambarkan sebagai orang kaya raya dan punya segalanya. 

Sarjana Muda 

Lagu berikutnya milik Iwan Fals adalah yang berjudul Sarjana Muda. Lagu ini punya makna yang menarik, lho. Lagu Sarjana Muda mengisahkan sebuah kehidupan seorang sarjana yang sudah lulus kuliah, hanya saja ia tidak mampu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan gelarnya.

Iwan Fals memberikan kritik pedas terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang hanya sanggup menghasilkan sarjana muda, tapi yang tidak sanggup bersaing di dunia kerja. 

Oemar Bakrie 

Lagu Iwan Fals terkenal paling kritis yang selanjutnya adalah Oemar Bakrie. Sesuai dengan judulnya, lagu Oemar Bakrie mengisahkan tentang kehidupan Oemar Bakrie (1914-1998). Oemar Bakrie adalah seorang guru konservatif yang dihadapkan dengan tantangan dinamika kehidupan sekolah di kota besar.

Sore Tugu Pancoran 

Lagu Iwan Fals terkenal kritis yang berikutnya adalah lagu Sore Tugu Pancoran yang telah dirilis pada tahun 1985 yang ada di dalam album Sore Tugu Pancoran. Lagu ini mengisahkan kritik sosial yang seolah ditunjukkan kepada pemerintah dan masyarakat. 

Surat Buat Wakil Rakyat

Lagu selanjutnya adalah lagu yang berjudul Surat Buat Wakil Rakyat yang dirilis pada 1987. Lagu ini sangat terkenal karena berisikan kritik pedas Iwan Fals terhadap wakil rakyat yang senang tidur ketika sidang.

BACA JUGA: Usai Song Ha Yoon, Jeon Jong Seo Dituduh Pernah Lakukan Bullying, Ini Kata Agensi!

BACA JUGA: Gak Nyangka! Foto Lawas Ra Mi Ran Mirip Banget Lee Do Hyun, Bak Ibu dan Anak Kandung

Lagu ini dianggap sebagai lagu untuk menghina pejabat negara. Fakta lainnya, lagu ini sempat dicekal karena dianggap telah mengganggu stabilitas politik. 

Rekening Gendut 

Lagu Iwan Fals terkenal paling kritis yang bisa kamu dengarkan adalah lagu yang berjudul Rekening Gendut. Lagu ini mengangkat sebuah kisah dari kasus yang pernah menjerat Gayus Tambunan yang memiliki kekayaan tak wajar. 

Politik Uang

Lagu ini mengisahkan tentang praktik money politics yang umum di Indonesia. Iwan Fals menggambarkan bagaimana uang bisa menjadi segalanya dan kekuasaan dapat dibeli dengan uang.

Lagu ini menyampaikan pesan bahwa meskipun ada ribuan partai politik, namun yang sebenarnya memiliki kekuasaan bukanlah rakyat. Bahkan, orang biasa pun dapat menjadi presiden jika memiliki uang yang cukup. 

Bongkar 

Lagu Iwan Fals terkenal paling kritis adalah lagu yang berjudul Bongkar. Lagu ini sangat terkenal. Lagu yang dirilis pada tahun 1989 ini berasal dari album milik grup musik Swami yang berjudul Swami I. Lagu ini menceritakan sebuah gambaran kaum borjuis Indonesia di masa 1989. 

Nah, itulah mengenai beberapa rekomendasi lagu Iwan Fals terkenal paling kritis yang bisa kamu dengarkan. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

 

Berita Terkait