Sepak Bola

Madam Pang Soroti Performa Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Persiapan Piala AFF 2024

Manajer Timnas Thailand, Nualphan Lamsam, mendadak menjadi sorotan di ajang Piala AFF 2020. Tidak hanya di negaranya, Wanita yang akrab disapa madam Pang ini juga viral di Indonesia. Sumber (AP/Suhaimi Abdullah)
Manajer Timnas Thailand, Nualphan Lamsam, mendadak menjadi sorotan di ajang Piala AFF 2020. Tidak hanya di negaranya, Wanita yang akrab disapa madam Pang ini juga viral di Indonesia. Sumber (AP/Suhaimi Abdullah)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Nualphan Lamsam, yang lebih dikenal sebagai Madam Pang, menyampaikan pandangannya terkait Timnas Indonesia dalam konferensi pers terbaru. Ia memberikan perhatian khusus kepada performa skuad Garuda yang berhasil melaju ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam konferensi tersebut, Madam Pang juga membahas persiapan Thailand menjelang Piala AFF, yang saat ini dikenal sebagai ASEAN Championship. Kejuaraan ini akan digelar pada akhir tahun, tepatnya dari 8 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Performa Timnas Indonesia di dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi sorotan. Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1, dan pada laga berikutnya, bermain imbang 0-0 melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (10/9/2024). Arab Saudi dan Australia merupakan negara yang sering tampil di Piala Dunia, sehingga hasil ini dipandang sebagai pencapaian besar bagi skuad Garuda.

Madam Pang menekankan bahwa Thailand dan tim-tim Asia Tenggara lainnya harus waspada terhadap kekuatan Timnas Indonesia. "Semua tim menakutkan, tetapi Indonesia tidak berada di grup kita," ujar Madam Pang, mengomentari posisi Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia.

Meskipun begitu, ia tetap yakin dengan kemampuan Thailand dalam menghadapi turnamen mendatang. Menurutnya, Thailand memiliki rekor tak terkalahkan saat bertemu Indonesia dalam Piala AFF. "Indonesia sangat bagus. Mereka lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Tetapi dalam Piala AFF terdahulu, kita tidak pernah kalah dari Indonesia," tambahnya.

Namun, Madam Pang juga menyadari bahwa skuad Garuda yang akan berlaga di ASEAN Championship kemungkinan tidak akan diperkuat oleh pemain yang sama seperti yang tampil di Kualifikasi Piala Dunia. Hal ini karena turnamen tersebut tidak masuk dalam kalender FIFA, sehingga klub tidak diwajibkan untuk melepas pemain ke tim nasional.

Dengan persiapan yang matang, baik Thailand maupun Indonesia diprediksi akan menjadi kekuatan besar dalam ASEAN Championship 2024 mendatang.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua