Tekno

Galaxy AI Bakal Hadir di Ponsel Layar Lipat Terbaru Samsung

Galaxy AI
Galaxy AI bakal hadir di Samsung Z Fold 6 dan Z Flip 6. (screenshot @samsung.com)

PasundanEkspres - Samsung sedang mempersiapkan peluncuran Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip terbaru. Menjelang peluncurannya, Samsung mengonfirmasi bahwa ponsel layar lipat terbarunya akan dilengkapi dengan Galaxy AI.

Informasi ini berasal dari EVP dan Kepala Mobile R&D Office Mobile eXperience Business Samsung, Won-Joon Choi, dalam sebuah postingan di blog Samsung. Choi menyatakan bahwa Samsung akan mengoptimalkan pengalaman Galaxy AI untuk perangkat foldable terbarunya.

"Perangkat layar lipat kami merupakan form factor yang paling serbaguna dan fleksibel di Samsung Galaxy, dan ketika digabungkan dengan Galaxy AI, kedua teknologi yang saling melengkapi ini akan membuka berbagai kemungkinan baru," kata Choi dalam postingan blognya, seperti dikutip PasundanEkspres.

Choi tidak menyebutkan secara spesifik optimalisasi seperti apa yang sedang digarap oleh Samsung, begitu pula nama perangkat foldable terbaru Samsung yang tidak disebutkan secara spesifik.

Meskipun tidak disebutkan secara langsung, dapat diperkirakan bahwa perangkat yang dimaksud adalah Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Kedua ponsel ini diprediksi akan diumumkan di event Galaxy Unpacked pada awal Juli mendatang.

Samsung pertama kali memperkenalkan Galaxy AI di seri Galaxy S24 dan kini sudah diperluas ke sejumlah model lainnya, termasuk Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5. Jadi, informasi dari Samsung ini tidak terlalu mengejutkan.

Selain berbicara soal foldable, Choi juga mengungkap pembaruan yang akan hadir untuk fitur Live Translate di Galaxy AI. Fitur ini akan dibawa ke lebih banyak aplikasi Android lainnya yang mendukung panggilan telepon.

Fitur Live Translate memungkinkan pengguna berbicara lewat telepon dengan orang lain yang menggunakan bahasa asing, berfungsi sebagai interpreter yang menerjemahkan panggilan telepon dua arah secara real-time.

Saat ini, Live Translate hanya tersedia untuk panggilan telepon melalui aplikasi Phone bawaan Samsung dan hanya bisa digunakan untuk panggilan seluler. Namun, ketentuan ini sepertinya akan diubah dalam waktu dekat.

Choi tidak menyebutkan aplikasi apa saja yang akan mendukung Live Translate untuk panggilan telepon. Namun, kemungkinan fitur ini akan tersedia di aplikasi chat pihak ketiga yang mendukung panggilan seperti WhatsApp, Telegram, dan lain-lain.

Belum diketahui kapan Live Translate akan tersedia untuk aplikasi pihak ketiga. Tidak menutup kemungkinan Samsung akan mengumumkannya bersamaan dengan Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6.

Berita Terkait