Tekno

Google Tantang Galaxy AI dan Apple Intelligence dengan Google AI

Google AI
Google siapkan layanan untuk saingi Apple Intelligence dan Galaxy AI yang di namai Google AI. (screenshot Google Pixel 9 @onleaks x @91mobiles)

PasundanEkspres - Google akan segera meluncurkan Pixel 9 dengan berbagai fitur baru. Salah satunya adalah layanan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang diberi nama Google AI.

Menurut laporan dari Android Authority, Google AI merupakan layanan serupa dengan Galaxy AI di ponsel Samsung dan Apple Intelligence di iPhone. Google AI akan menghadirkan beberapa fitur baru, termasuk fitur 'Pixel Screenshots' yang mirip dengan Microsoft Recall yang kontroversial.

Recall adalah fitur yang diumumkan oleh Microsoft untuk PC Copilot Plus yang dapat menangkap semua aktivitas di perangkat pengguna dan menggunakan AI untuk mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Fitur ini dikritik karena masalah privasi dan peluncurannya ditunda oleh Microsoft.

Pixel Screenshot yang dikembangkan oleh Google memiliki perbedaan dengan Recall. Deskripsi yang ditemukan oleh Android Authority menyebutkan bahwa Pixel Screenshot hanya akan memproses screenshot yang diambil oleh pengguna.

Dengan fitur ini, pengguna dapat memanfaatkan AI untuk mencari screenshot dan merangkum isinya atau menjawab pertanyaan terkait informasi di dalamnya. Google juga akan menyimpan metadata seperti link, nama aplikasi, dan waktu pengambilan screenshot untuk mempermudah pencarian screenshot.

Pengguna dapat menonaktifkan fitur Pixel Screenshot dengan menekan tombol yang tersedia di Pengaturan. Fitur Pixel Screenshot menggunakan on-device AI sehingga tidak ada data yang dikirimkan ke cloud, seperti dikutip dari 9to5Google, Kamis (04/07/2024).

Selain Pixel Screenshot, Google AI juga akan memiliki fitur 'Add Me.' Menurut deskripsinya, fitur kamera ini dapat membuat semua orang terlihat di foto grup. Fitur ini sepertinya akan menjadi pelengkap untuk fitur 'Best Take' yang sudah tersedia di Pixel 8 series.

Ada juga fitur 'Studio' yang merupakan nama baru untuk aplikasi 'Creative Assistant' yang telah dirumorkan sebelumnya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat stiker dan gambar lainnya menggunakan AI.

Google akan memperkenalkan Pixel 9 dan Google AI pada 13 Agustus mendatang. Pixel 9 series dikabarkan akan hadir dalam tiga varian dengan desain kamera belakang baru yang mirip dengan kapsul berukuran besar.

Berita Terkait