Tekno

Apple Update Final Cut Pro dan Logic Pro, Apa Aja yang Baru?

Apple Final Cut Pro
Apple Update Final Cut Pro dan Logic Pro. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Apple telah merilis pembaruan untuk Final Cut Pro dan Logic Pro bersamaan dengan pengumuman iPad Pro dan Air 2024. Dalam pembaruan ini, terdapat sejumlah fitur baru yang menarik. Mari kita lihat lebih detail.

Final Cut Pro for iPad 2

Pembaruan Final Cut Pro for iPad 2 membawa fitur Live Multicam, yang memungkinkan pengguna untuk melihat pratinjau hingga empat kamera secara bersamaan. Selain itu, Apple juga merilis aplikasi tambahan bernama Final Cut Camera untuk iPhone dan iPad, yang dapat diunduh secara gratis.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan seperti white balance dan fokus manual, sambil memantau rekaman mereka dengan zebra dan pengukur audio. Final Cut Pro for iPad 2 juga menawarkan 12 preset gradasi warna baru, delapan judul teks dasar, 20 soundtrack baru, dan latar belakang dinamis tambahan untuk menciptakan efek yang menarik.

Selain itu, fitur baru ini juga mendukung proyek eksternal, memungkinkan pengguna untuk membuat atau membuka proyek pada perangkat penyimpanan eksternal dan mengimpor media tanpa menghabiskan ruang di iPad.

Final Cut Pro untuk Mac 10.8

Final Cut Pro untuk Mac 10.8 menambahkan fitur AI untuk kustomisasi video yang cepat dan pengaturan waktu ulang visual yang lebih mudah. Fitur Light and Color yang baru memungkinkan pengguna untuk meningkatkan warna, keseimbangan warna, kontras, dan kecerahan dalam satu langkah sederhana, dioptimalkan untuk media SDR, HDR, RAW, dan Log-encoded.

Fitur Smooth Slo-Mo juga ditambahkan untuk menambah bingkai video dengan cerdas. Editor sekarang dapat memberikan nama khusus di inspektur agar mudah mengidentifikasi perubahan yang diterapkan pada klip, dan efek dapat diseret dari inspektur ke klip lain di timeline atau viewer.

Pencarian timeline berbasis teks sekarang mencakup informasi penting seperti reel, scene, angle, dan laginya.

Logic Pro for iPad 2 / Mac 11

Versi terbaru dari Logic Pro mencakup fitur yang didukung AI seperti asisten studio, Session Player yang disempurnakan, Stem Splitter, dan ChromaGlow. Session Player kini menyertakan Bass Player dan Keyboard Player untuk pengalaman band pendukung yang dipersonalisasi.

Pengguna dapat memilih dari delapan Pemain Bass yang berbeda dan memandu kinerja mereka dengan kontrol untuk kompleksitas dan intensitas sambil memanfaatkan parameter lanjutan untuk slide, mutes, dead notes, dan pickup hits.

Stem Splitter memungkinkan pengguna untuk mengekstrak bagian-bagian individual dari rekaman audio campuran menjadi empat bagian berbeda: Drum, Bass, Vokal, dan instrumen lainnya, sementara ChromaGlow menambahkan kehangatan ke trek dengan pemodelan AI.

Apple merekomendasikan pengguna menggunakan chipset M untuk Session Player dan ChromaGlow di iPad, sementara untuk Stem Splitter di iPad dan Mac, dan ChromaGlow di Mac.

Harga dan Ketersediaan

Logic Pro for Mac 11 akan tersedia pada 13 Mei sebagai pembaruan gratis untuk pengguna yang sudah memilikinya, atau dapat dibeli di Mac App Store dengan harga USD 199 atau Rp 3,1 juta untuk pengguna baru. Logic Pro for iPad 2 akan tersedia sebagai pembaruan gratis pada tanggal yang sama, atau dapat diakses dengan berlangganan seharga USD 4,99 atau Rp 80 ribu per bulan atau USD 49 atau Rp 787 ribu per tahun, dengan uji coba gratis satu bulan untuk pengguna baru.

Final Cut Pro untuk iPad 2 dan Final Cut Pro for Mac 10.8 juga tersedia sebagai pembaruan gratis untuk pengguna yang sudah memiliki, atau dapat diakses dengan berlangganan dengan tarif yang sama seperti Logic Pro. Semua pengguna baru dapat mengunduh uji coba Final Cut Pro gratis selama 90 hari.

Berita Terkait